Home / Post / Berita / Tanamkan Jiwa Patriotisme, TNI Berikan Pembekalan Wasbang

Tanamkan Jiwa Patriotisme, TNI Berikan Pembekalan Wasbang

Yapen – Sekolah Menengah Atas atau Madrasah Aliyah merupakan jenjang pendidikan menengah yang memiliki posisi strategis dalam membentuk dasar-dasar mental dan perilaku generasi muda bangsa, pada fase usia seperti ini tentunya sangat penting diberikan bekal wawasan yang memadai dan bernilai positif untuk mewarrnai perjalanannya meraih cita-citanya dimasa yang akan datang.

Oleh karena itu, agar para generasi muda bangsa ini dapat terbentuk menjadi pribadi-pribadi yang memiliki jiwa patriotisme yang tinggi dan juga semakin tumbuh rasa cinta tanah air, anggota Staf Teritorial Kodim 1709/Yawa Serda Amirudin Majid Way, memberikan pembekalan tentang Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara kepada siswa-siswi kelas X Madrasah Aliyah Darussalam Serui, Kab. Kep. Yapen, Kamis (31/01/2019).

Serda Amir mengatakan bahwa kegiatan Wawasan Kebangsaan (Wasbang) ini bertujuan untuk memperkokoh serta mengingatkan kembali tentang 4 pilar kebangsaan yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika kepada generasi muda. Yang bilamana 4 pilar kebangsaan ini telah tertanam dibenak dan sanubari generasi muda, maka berbagai bentuk ancaman dan gangguan, baik dari dalam maupun dari luar dapat ditangkal.

“Kegiatan seperti ini juga akan kami laksanakan di sekolah-sekolah lainnya, minimal sebulan sekali ditiap-tiap sekolah. Mengingat Wasbang sangat penting untuk dibekalkan kepada para siswa/i. Sehingga mereka memahami apa itu tentang persatuan dan kesatuan, semangat gotong royong, pentingnya Bela Negara, pentingnya semangat Nasionalisme, dan saling tolong-menolong. Dan juga diharapkan para generasi muda tidak terjerumus ke hal-hal yang negatif,” pungkas Serda Amir.

Maryati S.Pd selaku Kepala Sekolah MA Darussalam Serui menyampaikan terimakasihnya kepada Kodim 1709/Yawa yang telah berkenan memberikan wawasan kebangsaan kepada anak didiknya.  “Saya berharap kedepan anak didik kami memiliki sikap kebangsaan, cinta tanah air, disiplin dan punya rasa tanggung jawab kepada diri sendiri serta bangsa dan negara. Serta menjaga dan memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa dengan saling menghargai antar sesama teman, menghargai perbedaan suku dan agama, serta meningkatkan rasa nasionalisme,” ujarnya. (Prd/Cen)

About redaksi