Tebar Kepedulian, Personel Rajawali Ajarkan Pola Hidup Sehat Pada Anak Perbatasan

Eligobel – Siswa Sekolah Dasar (SD) Inpres Bupul 1 tampak senang dan gembira kedatangan personel TNI Satgas Pamtas Yonif 123/Rajawali ke sekolah mereka, Kampung Sipias Distrik Eligobel Kab. Merauke, Papua. Sabtu (13/08/2022).

Para personel TNI yang di Pimpin oleh Dokter Satgas bersama personel Pos Kotis mengajarkan kebersihan lingkungan diri, perilaku pola hidup sehat dan bersih untuk siswa sekolah di perbatasan serta praktik cara gosok gigi dan cuci tangan yang benar.

Dansatgas Pamtas RI-PNG Yonif 123/RW Letkol Inf Goklas P. Silaban dalam keterangannya mengungkapkan materi yang disampaikan adalah tentang bagaimana mencuci tangan dan menyikat gigi yang benar disesuaikan dengan tingkatan umur. Sehingga para siswa dapat menerima informasi dengan sangat baik. Ia juga menambahkan jika kehadiran, serta partisipasi anggota Satgas dalam memberikan edukasi merupakan sebagai salah satu wujud kepedulian TNI terhadap warga perbatasan. Terutama bagi generasi muda atau penerus bangsa.

“Terkadang pada usia anak-anak seperti ini kebanyakan belum ada kesadaran dalam menjaga kebersihan dan merawat gigi. Untuk itu, peran orang tua dalam kehidupan sehari-hari sangat penting dalam meningkatkan kesehatan anak,” ujar Dansatgas.

Sementara itu, Dokter Satgas Pamtas Yonif 123/RW Lettu CKM dr. Bintang karlien, Ass. Eng., menambahkan dengan adanya kegiatan penyuluhan pola hidup sehat dan prilaku bersih, diharapkan dapat memberikan motivasi kepada anak-anak. Agar mereka menggosok gigi dan mencuci tangan secara rutin. Sehingga mereka dapat terhindar dari berbagai penyakit.

“Kebersihan dan kesehatan sangat erat kaitannya, sehingga perlu memberikan edukasi agar mereka sadar dan terbiasa melakukannya sejak dini,” ujarnya menambahkan.

Diakhir Kegiatan personel Rajawali bagikan bingkisan jajanan kepada anak-anak sebagai wujud tali kasih kepada mereka generasi penerus Bangsa.

Kepala Sekolah SD Inpres Bupul 1 Ibu Yolenta Kapka, S.Pd., mengucapkan rasa terima kasihnya atas kepedulian anggota Satgas yang memberikan edukasi tentang bagaimana menyikat gigi dan mencuci tangan yang benar serta memberikan pengetahuan tentang prilaku hidup sehat dan bersih.

“Apalagi yang menyampaikan Tentara, mereka lebih antusias dan termotivasi. Semoga kelak diantara anak didik kami ada yang menjadi tentara mengikuti jejak Bapak-bapak Satgas,” ucap Kepala Sekolah dengan penuh harap.

Otentifikasi : Pendam XVII/Cenderawasih.

Check Also

Sambut HUT Ke-61, Kodam XVII/Cenderawasih Gelar Karya Bakti Bersihkan Sampah Pasar Youtefa

Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-61 Kodam XVII/Cenderawasih ke-61, sejumlah kegiatan dilaksanakan termasuk …