Home / Post / Berita / Terjadi Pertikaian Antar Warga, Babinsa Yapsel Bantu Mediasi

Terjadi Pertikaian Antar Warga, Babinsa Yapsel Bantu Mediasi

Yapen – Sebagai wujud kepedulian terhadap warga binaannya, Babinsa Koramil 1709-01/Yapsel Sertu Coristo F. Mansnembra dan Serda Markus Reza membantu mediasi permasalahan yang terjadi antar warga binaannya yang dilaksanakan di Aula Makoramil 1709-01/Yapsel Kab. Kep. Yapen, Selasa (13/08/2019).

Pertikaian terjadi diawali dengan adanya pengancaman menggunakan senjata tajam yang dilakukan oleh dua warga berinisial YM dan JW kepada dua orang warga berinisial AP dan LK. Untuk mencegah terjadinya permasalahan yang lebih besar dan menghindari jatuhnya korban, Babinsa dengan sigap melerai pertikaian dan segera membawa warga yang bertikai ke Makoramil untuk diadakan penyelesaian masalah melalui jalan mediasi.

“Segala permasalahan yang terjadi alangkah baiknya bila kita selesaikan dengan kepala yang dingin, jangan mengandalkan emosi dan otot apalagi sampai menggunakan senjata tajam. Karena bila pertikaian ini sampai memakan korban jiwa, bukan hanya korban saja yang yang dirugikan, tetapi si pelaku juga pasti akan diproses sesuai jalur hukum yang tentunya akan merugikan si pelaku dan juga keluarganya”, tegas Babinsa kepada pihak yang bertikai.

“Kami berharap supaya kedua belah pihak dapat mengoreksi diri masing-masing dan menghilangkan segala sifat egois. Setelah kedua syarat tersebut terpenuhi maka baru dapat kita lanjutkan musyawarah ini untuk mencari jalan keluar yang terbaik. Kita akan  menyelesaikan permasalahan yang terjadi dengan jalan damai supaya kedepannya dapat ditingkatkan lagi rasa saling menghargai dan memelihara tali persaudaraan antara warga masyarakat”, lanjut Sertu Coristo.

Akhirnya dengan jalan mediasi oleh Babinsa permasalahan warga dapat diselesaikan dengan damai antara kedua belah pihak dan dilengkapi pula dengan surat pernyataan dari kedua pelaku pengancaman yang menyatakan untuk tidak mengulangi lagi perbuatan tersebut. (Prod/Cen)

About admincen