Terus Berkarya Dan Berinovasi, Satgas Satuan Organik Yonif Raider 301/PKS Beri Pelatihan Furniture

Puncak Jaaya ~ Satgas Organik Yonif Raider 301/PKS Posramil Puncak Senyum di sisa waktu penugasannya, tidak berhenti berkarya dan terus berinovasi dengan mengajak warga untuk mengelola sumber daya alam yang ada, dengan cara memberikan pelatihan _furniture_ bertempat di Kampung Puncak Senyum Distrik Irimuli Kabupaten Puncak Jaya, Papua. Minggu (30/10/2022).

Pemanfaatan sumber daya alam kayu yang sangat melimpah memberikan banyak inspirasi untuk meningkatkan produktivitas warga selain berkebun dan bertani.

“Pengolahan sumber daya alam kayu membutuhkan keterampilan, motivasi dan ketekunan. Ide ini muncul dari Danposramil Puncak Senyum Satgas Satuan Organik Yonif Raider 301/PKS,” tutur Letkol Inf Mohammad Syaifuddin Fanany.

Danposramil Puncak Senyum Lettu Inf Pendik Siswanto mengatakan bahwa ide tersebut muncul ketika dirinya beserta anggota melaksanakan kegiatan anjangsana ke para tokoh agama dan tokoh adat di Kampung Puncak Senyum. Mereka mengeluhkan kondisi Gereja yang belum ada kursi dan meja.

Berbekal keterampilan pembuatan _Furniture_ dari home base yg sudah dipersiapkan, personel Satgas Satuan Organik Yonif Raider 301/PKS Posramil Puncak Senyum mengajak warga untuk diberikan pembelajaran pembuatan _furniture_ .

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Satuan Organik Yonif Raider 301/PKS Letkol Inf Mohammad Syaifuddin Fanany, S.H., M.I.P mengatakan Wilayah Posramil Puncak Senyum merupakan salah satu wilayah di jajaran Satgas Satuan Organik Yonif Raider 301/PKS dengan kondisi geografi yg di wilayahnya masih banyak tersedia bahan baku kayu yang bisa dijadikan bahan untuk _furniture_.

“Pemanfaatan kayu tersebut oleh warga selama ini hanya dijadikan balok dan papan serta kayu bakar,” tuturnya.

Sementara itu, Bapak Dekiles Wonda selaku Pendeta Gereja Bukit Sion Distrik Irimuli mewakili para jemaat menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bapak TNI Posramil Puncak Senyum, yang telah memberikan bantuan ke Gereja berupa meja dan kursi yang sangat dibutuhkan.

“Semoga Tuhan memberkati”, ucap Bapak Pendeta.

Hal yang sama disampaikan Bapak Yokiron Wonda (51) Kepala Kampung Puncak Senyum Distrik Irimuli merasa senang dengan kehadiran Satgas Satuan Organik Yonif Raider 301/PKS Posramil Puncak Senyum yang telah memberikan pelatihan pembuatan _Furniture_ selain hasilnya bisa dinikmati oleh jemaat.

“Keterampilan ini bisa bermanfaat sebagai bekal untuk warga Kami. Terima kasih Bapak TNI”, kata Bapak Yorikon Wonda.

Otentifikasi : Pendam XVII/Cenderawasih

Check Also

Komsos Jadi Media Babinsa Koramil 1709-03/ Waropen Bawah Dekat Dengan Warganya

Waropen ~ Komunikasi sosial merupakan salah satu media Babinsa untuk mengenal warganya lebih dekat dan …