Home / Post / Berita / Tim Kementerian Pertahanan Memberikan Sosialisasi “Bela Negara” Kepada Masyarakat Perbatasan

Tim Kementerian Pertahanan Memberikan Sosialisasi “Bela Negara” Kepada Masyarakat Perbatasan

Jayapura – Tim dari Kementerian Pertahanan bekerjasama dengan Kodim 1711/BVD dan instansi terkait menggelar “Sosialisasi bela negara bagi masyarakat perbatasan di Kabupaten Boven Digoel TA 2019″ dalam rangka peringatan kemerdekaan RI Ke-74, bertempat di Makodim 1711/BVD, pada Jumat (16/08/19).

Anggota Tim Kemhan terdiri dari 5 orang, antara lain Direktur BN Brigjen TNI Herman Djatmiko, Kolonel Arh Luhkito Hadi, Letkol Arm Agus Junaidi, Kapten Cku Isdianto dan Pns Persia.

Kegiatan ini dihadiri oleh ratusan masyarakat di perbatasan. Tidak hanya itu, siswa-siswi SMA Santo Yosep Tanah Merah,  juga terlihat hadir dalam kesempatan tersebut.

Brigjen TNI Herman Djatmiko, selaku Direktur BN dalam sambutannya menuturkan, kegiatan ini saya pandang sangat penting, disamping sebagai wahana menjalin silaturahmi dan komunikasi antar komponen bangsa serta menyatukan langkah dalam upaya pembinaan kesadaran bela negara kepada seluruh warga negara.

Kesadaran bela negara merupakan bagian yang tak terpisahkan dari pembangunan Nasional, sehingga pelaksanaannya tidak hanya menjadi tanggung jawab Kementerian Pertahanan semata, akan tetapi menjadi tanggung jawab kita bersama. Terangnya”

Kegiatan ini untuk membangun kesadaran bela negara yang merupakan salah satu upaya “revolusi mental” melalui pembangunan karakter bangsa sebagaimana menjadi salah satu program prioritas Pemerintah yang tertuang dalam nawa cita, diantaranya melalui penanaman nilai-nilai Patriotisme, cinta tanah air dan Bela Negara. Lanjutnya.

Saya berharap, kegiatan ini akan menghasilkan kesadaran yang memiliki jiwa nasionalisme dan cinta tanah air. Sebagai wujud tanggungjawab bersama dalam upaya pembangunan sumber daya manusia yang berkualitas guna turut menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara di tengah derasnya arus globalisasi saat ini. Harapnya.

Chaerul Anwar dalam sambutannya menyampaikan selamat datang kepada Tim Kemenhan di Boven Digoel yang merupakan kota sejarah tempat pengasingan para tokoh kemerdekaan salah satunya Bung Hatta.

Atas nama pemerintah daerah, saya mengucapkan terimakasih kepada Kementerian Pertahanan Republik Indonesia melalui Direktur bela negara yang telah mengunjungi Kabupaten kami dan melakukan kegiatan sosialisasi ini. Tambahnya.

Setelah Wakil Bupati membuka secara resmi kegiatan tersebut, dilanjutkan pemberian bahan kontak oleh Dirut Bela Negara berupa Genset 5.000 watt, Jet Pump 2 Unit, Sarana olahraga, Bola Volly 10 buah, net volly 2 buah, bola kaki 10 buah kepada masyarakat dan pemberian materi bela negara oleh Luhkito Hadi dan materi kearifan lokal/pembangunan karakter oleh Marthen R, S. Sos. M.si Kaban kesbangpol Kab. Boven Digoel.

Selain masyarakat, turut hadir Dandim 1711/BVD, Kasdim 1711/BVD, anggota Kodim 1711/BVD, anggota Polsek Boven Digoel, Marthen R, S. Sos. M.si Kaban kesbangpol Boven Digoel, Ketua LMA Boven Digoel Maret Klaru dan siswa-siswi SMA Santo Yosep serta tamu undangan. (Prd/Cen)

About admincen