TINGKATKAN KEIMANAN, SATGAS TNI 123/RAJAWALI GELAR PESANTREN KILAT UNTUK ANAK-ANAK PERBATASAN RI-PNG

Merauke – Pesantren kilat adalah pesantren yang diadakan dalam waktu singkat dan merupakan suatu kegiatan yang sangat positif untuk dilakukan dalam rangka membentuk karakter Islami pada anak-anak usia dini.

Melalui kegiatan pesantren kilat dapat menambah ilmu agama, membina Akhlakul Karimah, anak berbakti kepada orang tua agar tidak terpengaruh pada budaya global yang negatif.

Untuk itu, Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 123/RW memiliki tanggung jawab untuk membina dan mendidik anak-anak di perbatasan.

Melalui momentum Bulan Ramadhan 1443 H/2022 M, Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 123/RW juga membuat kegiatan pesantren kilat, salah satunya kegiatan dilaksanakan di Masjid Al Huda Kampung Bupul binaan Pos Kotis Distrik Eligobel Kabupaten Merauke. Minggu (24/4/2022).

Letda Inf Eko Sucipto selaku ketua panitia penyelenggara menjelaskan kegiatan yang digelar mulai tanggal 19 April s.d 22 April 2022 dengan materi keagamaan diantaranya Pengetahuan dan Tata Cara Ibadah Puasa, Pengenalan Tajwid, Cerita Nabi dan Rasul, Tadarus AL-Qur’an dan Hafalan serta Tata Cara Sholat. Kemudian dilanjutkan dengan perlombaan yang dilaksanakan pada hari Sabtu (23/4) diantaranya Perlombaan hafalan surat-surat pendek, dan Tata Cara Sholat yang membuat anak-anak sangat antusias. Sedangkan pengisi materi dan juri dalam perlombaan diambil dari para Prajurit Satgas Pos Kotis.

“Untuk memperkenalkan kepada anak-anak usia dini, juga menjadikan Masjid sebagai wadah mempersatukan umat dalam memberikan pendidikan agama Islam sejak dini untuk membentengi akhlak dan moralnya. Disamping itu jaga kegiatan ini bisa menjadi tempat silaturahmi dan menambah kedekatan antara anggota Satgas Yonif 123/Rajawali dengan masyarakat kemudian untuk anak-anak yang terbaik akan di berikan hadiah serta piagam yang langsung diserahkan oleh Dansatgas Pamtas Yonif 123/Rajawali,” jelas Letda Inf Eko Sucipto selaku ketua panitia penyelenggara.

Pengurus Masjid Al Huda Sipias dan orang tua Peserta Pesantren Kilat Bapak Sagimin (52) mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Satgas Pamtas Yonif 123/RW yang telah mengadakan kegiatan pesantren kilat bagi anak-anak.

“Selama ini tidak pernah ada kegiatan pesantren kilat di kampung kami,” ucap Bapak Sagimin.

Saat dikonfirmasi perihal kegiatan di Perbatasan RI, Dansatgas Pamtas Yonif 123/RW Letkol Ing Goklas P. Silaban mengatakan bahwa seluruh jajaran Satgas Pamtas Yonif 123/RW diwajibkan untuk melaksanakan kegiatan positif dan berdampak bagi masyarakat seperti pesantren kilat, Safari Ramadhan, pembagian sembako, tadarusan, yang di gelar selama Bulan Suci Ramadhan.

“Tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan Keimanan dan Ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa bersama masyarakat di wilayah binaan,” pungkas Dansatgas.

Otentifikasi : Pendam XVII/Cenderawasih.

Check Also

Kasdam XVII/Cenderawasih Menghadiri Syukuran HUT Ke-60 Dharma Pertiwi Daerah H

Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Izak Pangemanan, M.Han yang diwakili Kasdam XVII/Cen Brigjen TNI Hariyanto beserta …