TINGKATKAN KENYAMAN BERIBADAH, SATGAS TNI PERBAIKI GEREJA DI PERBATASAN RI-PNG

Keerom – Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-76 tahun 2021, Satgas Pamtas Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista Pos Towe Hitam serah terimakan hasil pembenahan Gereja Santo Yohanes secara simbolis berbentuk tanda salib keagamaan kepada pengurus Gereja Bapak Boni Pasius (38) di Kampung Towe Hitam, Distrik Towe, Kabupaten Keerom, Papua, Jumat (202/8/2021).

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista Letkol Inf Ade Pribadi Siregar, S.E., M.Si., dalam rilisnya.

Dansatgas mengungkapkan bahwa kegiatan tersebut merupakan bagian dari rangkaian kegiatan teritorial Satgas dalam mendukung kegiatan keagamaan dan kerohanian di wilayah perbatasan RI-PNG, salah satunya dengan membantu warga melaksanakan pembenahan atau menyiapkan sarana ibadah yang layak dan nyaman untuk digunakan masyarakat Kampung Towe Hitam dalam rangka mendekatkan diri kepada Tuhan sang pencipta.

“Hal ini merupakan wujud pembuktian TNI dan masyarakat menjunjung tinggi nilai-nilai toleransi umat beragama,” pungkas Dansatgas.

“Kami ada di sini, untuk membantu kehidupan bermasyarakat, sekaligus mendukung program percepatan pembangunan Pemda Kab. Keerom,” tambah Dansatgas.

Lebih lanjut, Dansatgas mengatakan dengan selesainya pembenahan Gereja yang dikerjakan oleh personel Pos Towe Hitam bersama masyarakat ini, merupakan salah satu wujud dari program Satgas Pamtas Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista Bidang Teritorial.

“Kegiatan yang dilakukan adalah membersihkan bagian dalam, memangkas rumput di halaman gereja, merenovasi bangunan Gereja, membuat Salib simbol keagamaan di depan Gereja dan mengecat ulang dinding Gereja serta pagar gereja yang belum dicat. Dengan segala keterbatasan, namun kami ingin warga Kampung Towe Hitam merayakan ibadah setiap minggu, ibadah hari Natal dan tahun baru dengan suasana rumah ibadah yang berbeda dari biasanya,” jelas Dansatgas.

“Semoga dengan adanya kegiatan seperti ini, akan lebih memberikan semangat bagi warga untuk semakin peduli dan memahami makna pentingnya kerja sama dan gotong royong dalam setiap kegiatan,” tutup Dansatgas.

Sementara itu salah satu pengurus Gereja Santo Yohanes Kampung Towe Hitam Bapak Boni Pasius (38) yang hadir pada kegiatan penyerahan hasil pembenahan dan renovasi Gereja mengungkapkan rasa syukurnya kepada TNI yang sudah membuat dan mempercepat renovasi pembangunan rumah ibadah masyarakat Towe Hitam sehingga lebih enak dipandang dan lebih menarik para jamaat sehingga jemaat bisa beribadah dengan nyaman apalagi saat nanti merayakan hari raya Natal dan Tahun Baru dengan suasana yang lebih khidmat.

“Terimakasih kami sampaikan kepada Bapak Bupati yang melalui bapak-bapak TNI Pos Towe Hitam Pamtas Yonif Mekanis 403, kita dapat membangun dan membenahi fasilitas ibadah ini bersama TNI, karena di Gereja inilah nanti keimanan akan tumbuh berkembang karena dengan keimanan kita bisa hidup layak dihadapan Tuhan, tanpa iman kita tidak punya arti apa-apa, di gedung inilah juga benih-benih kasih akan ditabur karena Tuhan bilang kepada kita, kamu adalah bait Allah yang harus dijaga,” ujar Boni.

Otentifikasi : Pendam XVII/Cenferawasih.

Check Also

SAMBUT PON XX, KODAM XVII/ CENDERAWASIH GELAR DOA BERSAMA

Jayapura – Untuk menyongsong pelaksanaan PON XX Papua yang akan dibuka pada 2 Oktober 2021 …