Tingkatkan Rasa Nasionalisme, Satgas Pamtas Yonif 312/KH Latihkan Upacara Pengibaran Bendera Kepada Pelajar Di Perbatasan

Keerom – Dalam rangka meningkatkan rasa nasionalisme para pelajar, Personil Pos Komando Taktis (Kotis) Satgas Pamtas Yonif 312/Kala Hitam melatih pelajar SMPN 1 Senggi yang menjadi perangkat upacara bendera di Kampung Senggi, Distrik Senggi, Kabupaten Keerom, Papua.

Hal tersebut disampaikan Dankima Satgas Pamtas Yonif 312/KH Kapten Inf Puriadi Mardan dalam rilis tertulisnya di Kabupaten Keerom, Papua. Sabtu (09/01/2021).

Puriadi mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu cara untuk meningkatkan nasionalisme sekaligus rasa patriotisme generasi penerus bangsa, hal ini dikarenakan upacara bendera merupakan salah satu cara untuk menyadarkan pelajar akan pentingnya Bhineka Tunggal Ika sejak dini dan mengenang kembali perjuangan para Pahlawan dalam mempertahankan kemerdekaan.

“Upacara bendera merupakan salah satu upaya dalam menumbuhkan budi pekerti dan karakter bangsa kepada para pelajar,” ungkap Puriadi.

Terpisah, Sertu Yudi Andi Firmansyah mengatakan kegiatan yang dilatihkan meliputi baris-berbaris, pembacaan teks Pancasila, UUD 1945 serta Pembacaan Do’a. Petugas pengibar bendera dilatih secara khusus, sehingga pelaksanaan pengibaran bendera yang merupakan kegiatan inti dari upacara dapat berjalan dengan baik.

“Pengibaran Bendera Merah Putih merupakan kegiatan inti dalam pelaksanaan upacara bendera, kegiatan tersebut ditujukan untuk menumbuhkan karakter gotong royong dan kebersamaan para pelajar,” kata Yudi.

“Dengan melaksanakan upacara secara khidmat, para pelajar diharapkan mampu meneladani jiwa patriotisme para pejuang, yang nantinya akan berdampak pada tumbuhnya kecintaan terhadap bangsa dan negara,” tutup Yudi.

Check Also

CEGAH PENYEBARAN COVID-19, KODIM 1710/MIMIKA BERI SOSIALISASI DAN HIMBAUAN KEPADA MASYARAKAT UNTUK PATUHI PROTOKOL KESEHATAN

Timika ~ Dalam rangka mengajak masyarakat untuk disiplin dalam mematuhi protokol kesehatan guna mencegah atau …