TINGKATKAN TARAF KESEHATAN, SATGAS TNI OBATI WARGA DI PEGUNUNGAN TENGAH

Jayawijaya – Dalam upaya membantu pemerintah dalam meningkatkan taraf kesehatan masyarakat, Pos TNI Walesi Satgas Pamrahwan Yonif RK 751/VJS melayani masyarakat yang datang untuk berobat di Pos secara gratis, bertempat di Kampung Jagara, Distrik Walesi, Kab.Jayawijaya, Selasa (10/8/2021)

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Dansatgas Pamrahwan Yonif RK 751/VJS Letkol Inf Dedy Dwi Cahyadi S.I.P. dalam rilisnya.

Dansatgas Pamrahwan Yonif RK 751/VJS Letkol Inf Dedy Dwi Cahyadi S.I.P. mengatakan bahwa kegiatan diawali saat Pos Walesi didatangi oleh 7 (tujuh) orang warga dari Kampung Jagara, Distrik Walesi, Kab.Jayawijaya. Kemudian 3 (tiga) orang diantaranya bermaksud untuk berobat karena sedang sakit.

“Masyarakat yang datang berobat ke Pos seperti ini bukanlah yang pertama, mengingat sejak awal kedatangan kami disini, kami sudah sampaikan kepada para tokoh masyarakat, tokoh adat,dan tokoh agama di wilayah ini agar masyarakat tidak malu untuk datang berkunjung ke Pos, terlebih untuk berobat,” kata Dansatgas Letkol Inf Dedy Dwi Cahyadi S.I.P.

“Pada kesempatan ini, saya sampaikan bahwa masyarakat di Pegunungan Tengah Papua silakan berobat dan pasti personel Pos Satgas TNI akan layani, karena kami selalu terbuka dalam membantu masyarakat yang datang berobat,” tambah Dansatgas.

Dansatgas mengatakan masih ada keterbatasan sarana dan prasarana kesehatan di beberapa wilayah, terutama di kampung-kampung yang jauh dari Puskesmas atau Rumah Sakit.

“Satgas akan melayani masyarakat, baik yang datang ke Pos ataupun kami akan mendatangi ke tempat tinggal warga yang sakit,” jelas Dansatgas.

Dokter Satgas Pamrahwan Yonif RK 751/VJS Letda Ckm dr. Andreas saat dikonfirmasi menuturkan, seluruh jajaran Pos Satgas Yonif RK 751/VJS sudah dilengkapi dengan tenaga kesehatan yang mumpuni, juga perlengkapan dan obat-obatan.

“Yang kami bawa sudah cukup mampu untuk menangani pengobatan secara preventif (pencegahan penyakit) dan Kuratif (mengurangi gejala) bagi masyarakat,” singkat dr. Andreas.

Sementara itu, mama Karopaleke (34) yang mengantarkan anaknya berobat karena mengalami luka robek di dahi menyampaikan rasa terima kasihnya kepada anggota Pos Walesi Satgas Pamrahwan Yonif RK 751/VJS yang dengan cepat membantu anak dan keluarganya yang datang berobat.

“Terima kasih mama sampaikan kepada bapak-bapak TNI anggota kesehatan Pos Walesi yang sudah membantu mengobati anak saya yang dahinya robek akibat terkena gagang skop. Dan mama tadi juga ikut berobat karena mama sedang Demam.” ungkap mama Karopaleke.

Otentifikasi : Pendam XVII/Cenderawasih.

Check Also

SAMBUT PON XX, KODAM XVII/ CENDERAWASIH GELAR DOA BERSAMA

Jayapura – Untuk menyongsong pelaksanaan PON XX Papua yang akan dibuka pada 2 Oktober 2021 …