TMMD Ke-115 Kabupaten Biak Numfor Tahun 2022 Resmi Digelar Di Kampung Sorido

Biak – Upacara Pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-115, Komandan Kodim 1708/Biak Numfor Letkol Inf J. Daniel P. Manalu, S.H., M.I.Pol., menerima naskah penyerahan pekerjaan TMMD Ke-115 dari pemerintah daerah, bertempat di Lapangan Sepak Bola Sorido, Distrik Biak Kota, Kabupaten Baik Numfor, Kamis (13/10/2022).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kolonel Cba Andi M. Junaid (Kasilog Kasrem 173), Kolonel Pom Kabul Suryanto Hendro (Kadispotdirga Lanud Manuhua), Letkol Pas Hari Wijayanto (Danyonko 468 Kopasgat), AKBP Adi Tri Widiyanto (Kapolres Biak Numfor), Mayor Cpm Sutoyo (Dandenpom XVII-01/Biak), Mayor Laut (PM) Suwanta (Dandenpom Lanal Biak), Milka Rumaropen (Ketua DPRD Kabupaten Biak Numfor), Muhammad Syawaludin, S.H (Ketua Pengadilan Negeri Biak Numfor), Sugandhi, S.H. (Kasi BBBR Kejaksaan Negeri Biak Numfor).

Dalam konteks kepentingan pembangunan, Program TMMD merupakan sarana untuk membantu Pemerintah Daerah dalam memberdayakan masyarakat, mengatasi kesulitan yang terjadi di wilayah terutama di Kabupaten Biak Numfor ini, serta meningkatkan akselerasi pembangunan ditingkat desa, dengan indikator kinerja utama Pemerintah Kabupaten Biak Numfor adalah Indeks Desa Membangun.

Dalam laporan singkatnya yang dibacakan oleh Perwira Seksi Teritorial Kodim 1708/BN Kapten Inf Sutrisno bahwa TMMD Ke-115 melibatkan 150 personel gabungan dari TNI-POLRI serta Pemerintah Daerah, dan sesuai dengan anggaran yang telah direncanakan akan membangun 10 unit rumah tipe K 45 sebagai sasaran fisik sedangkan untuk sasaran non fisik akan melaksanakan penyuluhan di antaranya penyuluhan hukum, kesehatan dan pertanian serta kegiatan kerohanian.

Sementara itu, Wakil Bupati Kabupaten Biak Numfor, Calvin Masnembra, SE., M.BA mewakili Bupati diawal sambutannya menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada pihak TNI khususnya Kodim 1708/BN dan semua pihak terkait yang ikut mengambil bagian dalam kegiatan TMMD.

“Program TMMD yang dilaksanakan di Kampung Sorido Distrik Biak Kota, Kabupaten Biak Numfor ini, dilakukan pengklasifikasian menjadi 2 sasaran, yaitu kegiatan pembangunan fisik dan kegiatan non fisik. Kegiatan pembangunan fisik meliputi sarana prasarana wilayah,” jelas Wakil Bupati Kabupaten Biak Numfor, Calvin Masnembra, SE., M.BA.

“Guna optimalisasi pelaksanaan TMMD tersebut, maka ada beberapa kegiatan yang sudah dilaksanakan sebelum jadwal pembukaan atau biasa Pra-TMMD. Sasaran fisik tersebut diprioritaskan guna menyentuh kepentingan masyarakat, sehingga diharapkan mampu meningkatkan roda perekonomian masyarakat khususnya masyarakat di Kampung Sorido.”

“Selain kegiatan fisik, juga melaksanakan kegiatan yang sifatnya non fisik, hal ini diarahkan untuk mendorong kesadaran masyarakat akan isu-isu aktual dan tantangan yang berkembang, baik dibidang Sosial Budaya, Pemerintahan, Ekonomi, Wawasan Kebangsaan dan juga Ketahanan Negara.”

“Saya mengajak kepada seluruh warga Kabupaten Biak Numfor untuk terus bersama-sama menyatukan langkah dan mendukung serta menyukseskan program Pemerintah Daerah. Karena dengan kebersamaan, dukungan dari bapak ibu semua menjadi bagian dari kemajuan dan suksesnya pembangunan di Kabupaten yang kita cintai dan banggakan bersama, dan tentunya segala-upaya tersebut, tetap dilandaskan pada keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa untuk menuju Kabupaten Biak Numfor yang religius, berkarakter dan berbudaya”, ungkap Wakil Bupati.

Otentifikasi : Pendam XVII/Cenderawasih.

Check Also

Karya Bakti Dalam Rangka HUT Kodam XVII/Cenderawasih Ke-61 Tahun 2024

Karubaga – Pasiter Kodim 1716/TLK Kapten Inf V.L Cendra Hungan memimpin jalannya pelaksanaan Karya Bakti …