TNI Peduli Bencana Kelaparan, Salurkan Bantuan Kemensos Bagi Masyarakat Amume Yahukimo

Curah hujan yang tinggi mengakibatkan tanah longsor dan gagal panen menyebabkan bencana kelaparan di Distrik Amume Kab. Yahukimo. Oleh karenanya, sebagai bentuk kepedulian Tentara Nasional Indonesia (TNI) membantu menyalurkan logistik dari Kementerian Sosial RI (Kemensos) bagi masyarakat di wilayah tersebut.

Untuk memaksimalkan penanggulangan bencana kelaparan ini, pada 19 Oktober 2023 telah digelar Rapat Koordinasi (Rakor) pengiriman bantuan Kemensos yang dihadiri Staf Kemensos RI, TNI dari Dansatgas Udara, Dandim 1715/Yahukimo, Puspen TNI, Paban II operasi Koopsudnas dan Pabandya-2/Daloksdagri, yang beragendakan proses pengangkutan logistik dari Jakarta-Jayapura, penjadwalan, pembahasan teknis dan operasional.

Untuk itu, pada hari Jumat 20 Oktober 2023 dilaksanakan penyaluran bantuan tersebut ke Amume Yahukimo, Prov. Papua Pegunungan, berupa Beras, Mie Instan, Sarden, Buskuit Milna, makanan anak, selimut, tenda gulung, makanan bayi secara bertahap 4 kali penerbangan dan berkat kerjasama yang baik, bantuan ini diterima oleh Pdt. Welem Payage selaku Klasis Kingmi Amume.

Demikian pula, pada hari ini Sabtu (21/10/2023) Pkl. 08.05 Wit, bertempat di Base Ops Lanud Silas Papare, Sentani Jayapura telah tiba pesawat TNI membawa bantuan Kemensos dari Jakarta untuk disalurkan ke Amume Yahukimo sebanyak 11.524 Kg. Bantuan ini terdiri dari 53 item, antara lain Sembako, makanan anak, tenda, selimut, kasur, lampu, alat mandi, obat-obatan, susu, mintak goreng, bawang dan lain sebagainya.

Saat dikonfirmasi kegiatan pemberian bantuan kepada masyarakat terdampak bencana tanah longsor dan kelaparan di Yahukimo, Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Izak Pangemanan, M.Han mengungkapkan bahwa masyarakat yang terdampak bencana ini harus secepatnya mendapat bantuan, sehingga TNI akan memaksimalkan segala upaya agar secepatnya bantuan tiba di lokasi bencana.

“Semua ini disinergikan dengan semua pihak, baik Pemda, Kementerian terkait dan para Tokoh agar masyarakat cepat tertolong, dan dapat beraktivitas kembali normal,” ungkap Pangdam.

“Pendistribusian akan menggunakan pesawat dan diatur oleh Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial (BBPPKS) Jayapura,” imbuhnya.

“Mohon doa dan dukungannya, agar masyarakat yang terkena musibah bencana ini cepat tertolong dan bantuan diterima dengan cepat oleh masyarakat,” tutup Pangdam XVII/Cenderawasih.

Check Also

Jaga Kesehatan Tubuh, Dandim Merauke Pimpin Olahraga Bersama

Merauke ~ Guna menjaga dan meningkatkan kesehatan serta kebugaran tubuh, Dandim 1707/Merauke Letkol Inf Bayu …