TNI-POLRI DAN TIM SATGAS COVID-19 PERKETAT DISIPLIN PROKES DI PELABUHAN SERUI PAPUA

Yapen – Dalam rangka meningkatkan efektivitas pencegahan dan pengendalian Virus Corona (Covid-19), aparat gabungan dari personel Kodim 1709/Yawa, Polres Kep. Yapen beserta Tim Satgas Covid-19 Yapen perketat pendisiplinan protokol kesehatan di kawasan pelabuhan Serui, Kab. Kep. Yapen, Minggu (29/8/2021).

Demikian keterangan yang disampaikan Perwira Seksi Operasi Kodim 1709/Yawa Kapten Inf Edi Beni Kristian dalam rilisnya.

Kapten Inf Edi Beni Kristian mengatakan bahwa hal tersebut dilakukan terkait masuknya KM. Dobonsolo di pelabuhan Serui dengan penumpang turun sebanyak 36 orang dan penumpang yang naik sebanyak 309 orang. Kemudian akan melanjutkan perjalanan menuju Sorong, Papua Barat.

“Pelaksanaan kegiatan yang dilaksanakan oleh aparat gabungan ini berjalan dengan aman, tertib dan lancar, serta semua pengguna maupun penyedia jasa pelabuhan juga dapat mengikuti dan mematuhi himbauan yang diberikan,” jelas Kapten Inf Edi.

“Dari hasil pemeriksaan rapid test antigen kepada 36 orang penumpang yang turun, tidak ditemukan hasil positif, sedangkan untuk penumpang yang naik sebanyak 309 orang juga sudah dilaksanakan pemeriksaan ketat dokumen perjalanan sesuai dengan ketentuan yang berlaku di masa pandemi sekarang ini,” tambah Edi Beni.

Lebih lanjut disampaikan bahwa pelabuhan merupakan salah satu akses keluar masuknya masyarakat, untuk itu antisipasi pencegahan perlu lebih ditingkatkan, yaitu dengan memastikan setiap penyedia dan pengguna jasa harus menerapkan aturan sesuai prosedur protokol kesehatan yang berlaku,” kata Kapten Inf Edi

Sementara itu, Serma Ahmad Lukman Hakim personel Kodim 1709/Yawa yang tergabung dalam kegiatan tersebut, menjelaskan bahwa aparat gabungan juga menjaga antrian di gerbang masuk pelabuhan agar mencegah kerumunan.

“Para calon penumpang kita ajak dan himbau secara persuasif untuk menjaga jarak satu dengan yang lain, agar mencegah penyebaran Covid-19,” kata Serma Ahmad.

“Dengan adanya pengamanan dan pengawasan yang ketat, serta dengan himbauan yang dilakukan secara terus menerus kepada para penumpang maupun kepada awak kapal yang ada di pelabuhan Serui ini, semoga dapat memutus mata rantai penyebaran Virus Covid-19,” tambahnya.

Otentifikasi : Pendam XVII/Cenderawasih.

Check Also

BENTUK PERHATIAN KEPADA WARGA, SATGAS TNI BERI PELAYANAN KESEHATAN KELILING DI PAPUA

Keerom – Selain menjaga patok batas dan melaksanakan kegiatan teritorial, Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis …