Home / Post / Berita / TNI Polri di Mimika Siap Mengamankan Pileg dan Pilpres 2019

TNI Polri di Mimika Siap Mengamankan Pileg dan Pilpres 2019

Timika ~ Bertempat di lapangan Upacara Polres Mimika, Telah dilaksanakan Kegiatan Apel Pergeseran Pasukan dalam rangka Pengamanan TPS Pemilu 2019 Kepolisian Resor Mimika yang dipimpin oleh Kapolres Mimika AKBP Agung Marlianto, SIK MH, selaku inspektur apel dan dihadiri oleh seluruh Personil TNI-Polri se-Kab. Mimika, Sabtu (13/04/2019).

Dalam kegiatan yang di hadiri para Dansat diantaranya Dandim 1710/Mimika, DanLanal Timika, Dansatrad Timika, Dandenkav Timika serta Danyon B Brimob itu Kapolres Mimika dalam sambutanya menyampaikan Ucapan terimakasih kepada seluruh peserta apel atas partisipasinya dalam kegiatan pengamanan Pemilu tahu 2019 ini

Kegiatan pergeseran pasukan pengamanan pemilu 2019 paling cepat akan dilaksanakan mulai besok pagi minggu 14 April 2019 dan untuk para Padal dan seluruh personil yang terlibat di dalam pam TPS agar mempersiapkan segala kebutuhan yang disiapkan dan yang paling utama menjelang pengamanan TPS agar personil dapat menjaga kesehatanya sehingga dapat melaksanakan pam TPS mulai dari pergeseran logistic, pelaksanaan pencoblosan, pemungutan suara sampai dengan penetapan hasil prolehan suara karena dengan kondisi yang sehat dan Fit maka pelaksanaan pengamanan TPS dapat berjalan aman dan lancar hingga selesai.

Kapolres juga menambahkan bahwa untuk para Padal agar selalu berkoordinasi dengan TNI agar selalu mengecek anggotanya yang terlibat dalam pam TPS agar dalam pelaksanaan tugas pengamanan semua personil senantiasa tetap menjaga Netralitas TNI Polri serta, keadaan lengkap dan sehat sehingga tugas bisa di yakini dapat berjalan dengan aman dan lancar.

Apabila nantinya di TPS di wilayah masing-masing ada kejadian maka personil tidak boleh masuk kedalam tempat pencobolosan surat suara pada saat pemilihan sedang berlangsung kecuali ada permintaan oleh ketua dan anggota KPPS di tempat TPS yang ada Wilayah yang personil melaksanakan Pam, namun kecuali bisa dilaksanakan dekresi kepolisian sebagai contoh apabila di TPS ada oknum Masyarakat yang mabuk dan membuat keributan atau kerusakan pada saat pemilihan sedang berlangsung dan tidak bisa tangani oleh anggota KPPS maka personil bisa mengambil tindakan dekresi kepolisian tanpa menunggu perintah anggota KPPS karena belum tentu anggota KPPS bisa menangani hal tersebut.

Di tempat terpisah Dandim 1710/ Mimika (Letkol Inf Pio Lohitniate Nainggolan S.E. M. Tr(Han).) saat dikonfirmasi menyampaikan bahwa TNI akan bersikap Netral dalam Pilpres dan Pilleg 2019, jika warga atau penyelenggara pemilu menjumpai oknum anggota TNI bersikap tidak netral agar jangan takut untuk melaporkan kepada Dandim 1710/Mimika pasti akan ditindak lanjuti serta di proses. Letkol Pio L Nainggolan juga menghimbau kepada seluruh warga Kab. Mimikka untuk tidak bertindak criminal atau melawan hukum serta jangan takut untuk menentukan pilihanya dalam Pilpres dan Pilleg 2019 kali ini.

About redaksi