Home / Post / Berita / TNI Se-Garnisun Timika Tanam Mangrove Peringati HUT TNI Ke-74

TNI Se-Garnisun Timika Tanam Mangrove Peringati HUT TNI Ke-74

Timika ~ Hutan mangrove bermanfaat besar bagi penduduk Indonesia yang mencapai 40% -50% tinggal di daerah dekat pantai, yakni mencegah abrasi dan tsunami, demikian juga peresapan udara laut ke perbudakan. Oleh karena itu, upaya-upaya pelestarian hutan bakau perlu terus digalakkan karena Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki banyak pantai.

Mengingat manfaatnya yang sangat besar, perlu peran serta seluruh elemen bangsa, bahu-membahu memberikan kontribusi dalam rehabilitasi dan pelestarian hutan bakau. Dalam memperingati HUT ke-74 TNI kali ini, satuan TNI di jajaran Garnisun Timika juga menyelenggarakan kegiatan penanaman Mangrove bertempat di Kp. Poumako RT 09 Distrik Mimika Timur, Kab. Mimika, Senin (7/10/2019).

Kegiatan yang di diikuti kurang lebih 250 orang Prajurit TNI/Polri dan masyarakat ini dipimpin Langsung oleh Letkol Laut (P) Yadi Mulyadi (Danlanal Timika). Hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya Lettu Inf Sutarwo (Dankipan C yonif 754/ENK), Iptu J Limbog, SH., (Kasat Polair), Peltu Monab S (Batuud koramil 1710-07/Mapurujaya) beserta Ibu persit serta tokoh Masyarakat Dan Nelayan Yang berada di pesisir sekitar Kp. Pomako.

Menurut Peltu Monab (Batuud Koramil 1710-07/Mapurujaya) bahwa Rehabilitasi dengan menanam pohon Mangrove menjadi bagian dari program NEWtrees yang dicanangkan oleh World Wide Fund for Nature (WWF) Indonesia.

Program ini berfokus pada perbaikan ekosistem prioritas, dan juga berorientasi pada upaya yang dilakukan oleh pemerintah dalam mengintegrasikan sektoral dengan daya dukung Lingkungan di tingkat bentang alam. Program NEWtrees ikut mendukung dan berkontribusi dalam komitmen pemerintah untuk menurunkan emisi gas rumah kaca sebesar 26% pada tahun 2020 dengan memperbanyak penanaman pohon dan reforestasi.

“Bumi yang kita tinggali merupakan titipan untuk diwariskan kepada anak cucu. Karena itu, penting bagi kita untuk bertanggung jawab dan bersama-sama merawat lingkungan. Oleh karena itu, diharapkan upaya ini akan memberikan dampak positif bagi keberlangsungan ekosistem sosial ekonomi bagi masyarakat yang tinggal di kawasan tersebut,” jelas Peltu Monab. (Prod/Cen)

About admincen