TNI TANAM 100 BIBIT PINANG UNTUK WARGA DI WILAYAH PERBATASAN RI-PNG

Skofro Lama – Dalam rangka melestarikan kearifan lokal, Personel TNI Satgas Pamtas Yonif 131/Brs Pos Skofro lama menanam 100 batang bibit pinang unggul dari Sumatera, bertempat di Kampung Skofro lama Distrik Arso Timur, Kab. Keerom Papua, Rabu (8/9/2021).

Hal tersebut disampaikan Wadan Satgas RI-PNG Yonif 131/Brs Mayor Inf Ahmad Muzani CH dalam rilisnya.

Wadan Satgas mengungkapkan, pemberian dan penanaman bibit Pinang Sumatera merupakan bentuk kepedulian Satgas TNI terhadap kearifan lokal masyarakat Papua.

“Sebanyak 100 batang bibit pinang diberikan personel Pos Skofro lama kepada warga kampung, agar kelak pinang tersebut dapat dinikmati warga Skofro lama,” kata Wadan Satgas.

“Bantuan bibit pinang diberikan langsung oleh Komandan Pos (Danpos) Letda Inf David Ginting merupakan bentuk kepedulian Satgas terhadap masyarakat di perbatasan. Karena pinang adalah salah satu tanaman khas masyarakat Papua yang sudah turun menurun dan memiliki nilai ekonomis dan bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari,” tambah Wadan Satgas.

Lebih lanjut, Wadan Satgas menjelaskan bahwa Bibit pinang tersebut merupakan jenis bibit unggul berasal dari Sumatera.

“Awalnya kami semai di Pos Skofro Lama selama 4 bulan. Setelah tumbuh kami berikan kepada warga dan ditanam di halaman Gereja GKI Kampung Skofro lama,” jelas Wadan atgas

Pendeta Kampung Skofro Lama Bapak Brian Alelo dan Bamuskam Peteik Kamar sangat berterima kasih kepada Satgas 131/Brs khususnya Pos Skofro lama yang telah memberikan dan menanam bibit pinang kepada warga.

“Suatu saat, jika sudah berbuah bisa dikonsumsi dan dimanfaatkan oleh warga setempat. Ini ide yang baik,” kata Pendeta Kampung Skofro Lama Bapak Brian Alelo

Otentifikasi : Pendam XVII/Cenderawasih.

Check Also

SAMBUT PON XX, KODAM XVII/ CENDERAWASIH GELAR DOA BERSAMA

Jayapura – Untuk menyongsong pelaksanaan PON XX Papua yang akan dibuka pada 2 Oktober 2021 …