USAI BERI BANTUAN KANDANG, APARAT TNI PANEN PERDANA KEDELAI BERSAMA MASYARAKAT JAYAWIJAYA

Jayawijaya – Komando Distrik Militer (Kodim) 1702/JWY memberikan bantuan kandang babi, kemudian dilanjutkan menggelar panen perdana kedelai bersama masyarakat, bertempat di Kampung Araboda, Distrik Assologaima Kabupaten Jayawijaya, Sabtu (09/10/2021).

Komandan Kodim (Dandim) 1702/JWY Letkol Inf Arif Budi Situmeang, S.IP., M.Tr (Han) mengungkapkan bahwa kegiatan panen perdana kedelai tersebut merupakan hasil kerjasama antara Pemerintah Daerah dengan Dinas Pertanian Kabupaten Jayawijaya, kelompok tani beserta masyarakat sekitar.

“Perlu diketahui bersama bahwa kedelai merupakan komoditi yang sangat bernilai di wilayah Wamena. Harga kedelai saat ini berkisar 17 ribu sampai dengan 20 ribu per kg, harga tersebut lebih mahal 9 ribu dari pada harga di Jayapura. Dengan meningkatnya kebutuhan masyarakat akan tempe maka kebutuhan kedelai di Wamena berkisar 1,2 hingga 1,5 Ton/hari untuk memenuhi kebutuhan pasar,” ungkap Dandim.

“Oleh karenanya, dengan menanam kedelai nantinya akan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. Wamena telah diberkahi Tuhan dengan kesuburan tanahnya, untuk itu kita harus bisa memanfaatkan potensi tersebut,” tambah Dandim.

Pada kesempatan tersebut juga Dandim 1702/JWY telah menyerahkan secara simbolis bantuan berupa kandang babi yang dapat menampung 70 ekor babi kepada tokoh masyarakat bapak Yanus Wantik.

“Saya berharap, setelah ini Kampung Araboda akan semakin menerapkan pola hidup sehat dengan tidak menempatkan ternak babi tinggal bersama dalam honai. Namun babi dipelihara dalam kandang yang sudah tersedia yang tentu hasilnya akan lebih baik, lebih cepat berkembang. Dan harganya babi ukuran sedang di Wamena bisa berkisar sekitar 20-30jt/ekor. Sehingga hal ini juga bisa meningkatkan taraf kesejahteraan warga setempat,” harap Dandim.

Lebih lanjut dari Staf Ahli Bupati Jayawijaya, Rustam Efendi yang mewakili Bupati Kab. Jayawijaya menyampaikan apresiasi yang mendalam kepada aparat TNI.

“Saya ucapan terimakasih kepada Kodim 1702/JWY yang telah membantu memberikan kandang sebagai solusi untuk mengatasi kesulitan rakyat,” jelas Staf Ahli Bupati Jayawijaya Rustam Efendi

“Ternyata TNI bukan hanya bertugas menjaga pertahanan dan keamanan negara namun juga turut mengambil bagian dalam menjaga dan meningkatkan taraf hidup serta kesejahteraan warga masyarakat. Hasil luar biasa dari panen kedelai dan penyerahan kandang babi hari ini bukan hanya meningkatkan kesejahteraan, namun lebih dari itu masyarakat akan semakin hidup sehat,” tambah bapak Rustam

Lebih lanjut, Staf Ahli Bupati Jayawijaya Rustam Efendi berharap kepada masyarakat Kampung Araboda agar menjadi role model untuk kampung lain di Jayawijaya.

“Keberhasilan panen ini akan didengar di kampung dan Distrik lainnya,” tambah bapak Rustam,” pungkasnya.

Ketua kelompok tani, bapak Yanus Wantik (40) menyampaikan terimakasih kepada TNI dari Kodim 1702/Jayawijaya khususnya Babinsa.

“Kami masyarakat Kampung Araboda mengucapkan terimakasih kepada Kodim 1702/Jayawijaya yang telah membantu dan memberi pendampingan selama masa tanam kedelai hingga sampai panen. Kami juga sudah diberi bantuan sebuah kandang serta pendampingan seorang Babinsa Araboda yang mengajar kami cara beternak babi yang benar dan bersih serta efisien,” tutur bapak Yanus.

Otentifikasi : Pendam XVII/Cenderawasih.

Check Also

MUDAHKAN AKSES ANTAR KAMPUNG, SATGAS TNI PELOPORI PERBAIKAN JEMBATAN DI PERBATASAN RI-PNG

Keerom – Berlomba-lomba dalam kebaikan, hal inilah yang dilakukan oleh Satgas Pamtas Yonif Mekanis 403/Wirasada …