Home / Post / Berita / Vaksinasi Polio Bagi Putra Putri Keluarga Besar TNI Se- Garnisun Timika

Vaksinasi Polio Bagi Putra Putri Keluarga Besar TNI Se- Garnisun Timika

Timika – Poliomielitis adalah penyakit infeksi serius yang disebabkan karena virus. Gejalanya bervariasi mulai dari tahapan yang terbilang ringan, seperti flu hingga fase kronis yaitu kelumpuhan yang mengancam jiwa. Setidaknya, dua hingga lima persen dari total pengidap polio mengalami kematian, sementara sisanya yang berhasil bertahan hidup mengalami kelumpuhan permanen. Gejala nyeri sendi dan otot serta kelelahan dapat terjadi bertahun-tahun setelah infeksi awal polio, yang dikenal dengan sindrom post-polio.

Imunisasi polio menjadi satu-satunya pencegahan penularan penyakit polio. Semua anak dan dewasa harus mendapatkan vaksin polio. Tidak melakukan imunisasi dapat meningkatkan risiko penularan penyakit polio, baik melalui makanan, air, atau melalui feses orang yang terinfeksi.

Menyikapi hal tersebut , sesuai  perintah dari Komando Atas  sekaligus wujud perhatian kepada putra-putri keluarga Besar TNI ,Kodim 1710/Mimika rangkul Dinas kesehatan Kab. Mimika gelar kegiatan Vaksinasi Imunisasi Polio bagi keluarga besar TNI usia 0-15 tahun bertempat di Rumkitban 17.08.02 Timika Jl. Yos Sudarso Kel. Sempan Distrik Mimika Baru Kab. Mimika Selasa (19/03/2019).

Kapten Inf  Viktor  Suyanto SE  (Pasiter Kodim 1710/Mimika) mewakili Komandan Kodim 1710/Mimika saat di Konfirmasi menjelaskan bahwa Polio merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh virus yang ada di dalam saluran pencernaan dan tenggorokan. Pada kondisi tertentu, seseorang yang terinfeksi polio dapat mengalami kelumpuhan permanen, bahkan sampai menyebabkan kematian.

“Polio bisa muncul tanpa gejala apapun dan penyakit ini juga bisa menular melalui kontak dengan cairan yang keluar dari hidung, mulut dan tinja seseorang yang sudah terinfeksi polio,” ungkap Pasipers Kodim 1710/Mimika.

Kapten Inf Viktor juga  menambahkan, kegiatan ini, selain membantu kelancaran kegiatan imunisasi, juga  untuk memberikan imbauan kepada para orang tua khususnya ibu – ibu, tentang pentingnya imunisasi ini diberikan kepada anak usia 0-15 tahun.

“Imunisasi polio merupakan salah satu imunisasi yang wajib dilakukan jika tidak ingin sang buah hati terkena polio, jadi anak anak kita keluarga besar TNI di wilayah Kodim 1710/Mimika yang sudah hadir disini agar memberitahukan lagi kepada tetangga-tetangganya yang belum datang untuk segera bawa anaknya untuk di imunisasi,” pungkasnya.

Ibu Erlina (perwakilan Dinas Kesehatan Kab. Mimika) saat di tanyai disela sela kegiatan menyampaikan bahwa, kita  tidak perlu khawatir, karena penyakit polio ini dapat dicegah melalui imunisasi terutama pada anak usia bawah lima tahun (balita), baik melalui imunisasi polio tetes maupun imunisasi polio suntik.

“Polio bisa muncul tanpa gejala apapun dan penyakit ini juga bisa menular melalui kontak dengan cairan yang keluar dari hidung, mulut dan tinja seseorang yang sudah terinfeksi polio,” terang Ibu Erlina. (Prd/cen)

About redaksi