Home / Post / Berita / Vanili, Komoditi Yang Sangat Menjanjikan

Vanili, Komoditi Yang Sangat Menjanjikan

Keerom – Vanili sekarang ini menjadi komoditi yang sangat bernilai karena harganya yang cukup tinggi, hal ini karena Vanili atau Vanilla merupakan salah satu jenis tanaman penghasil bubuk Vanili yang memiliki aroma harum dan manis, sehingga sekarang ini banyak masyarakat yang menanam Vanili.

Hal itulah yang mendorong masyarakat Kp. Kibay Kaliasin, Arso Timur, Kab. Keerom Propinsi Papua Bapak Yosep Numbun menanam Vanilli di kebunnya. Saat ini bapak Yosep ada pada tahap mengkawinkan Vanilli dibantu oleh personel Satgas Pamtas Yonif 713/ST pos Kaliasin pimpinan Letda Inf Ida Bagus. Kamis (07/11/2019).

Pak Yosep menjelaskan, Vanili dalam pertumbuhannya membutuhkan tempat/tanaman (tegakan) penyangga sebagai tempat menjalar. Tegakan dapat dibuat dari bambu yang diikatkan pada pohon yang satu dengan pohon yang lain. Sistem perambatan penunjang tunggal tanaman Vanili dirambatkan lurus ke atas pada naungannya.

Kandungan gizi pada Vanili tergolong tinggi, diantaranya adalah serat, mineral, vitamin A, B, E. Selain aromanya yang dapat digunakan sebagai peningkat selera makan. Aroma pada Vanili juga dijadikan sebagai obat penenang yang dicampurkan ke dalam essential oil (minyak aroma terapi). Selain itu, perlu diketahui terdapat fakta dari beberapa penelitian yang menyatakan bahwa dengan mengkonsumsi Vanili secara rutin, maka akan dapat mengatasi dan menghindari depresi berat.

Ida mengungkapkan rasa bangganya bisa membantu bapak Yosep mengawinkan Vanilli miliknya. “Ini juga memberikan kesempatan bagi kami untuk belajar bagaimana mengawinkan Vanili yang benar, karena merawat Vanili memang tidak gampang dan tidak mudah, dibutuhkan ketelatenan, kesabaran dan ketekunan”, ungkapnya.

“Semoga proses pengawinan ini akan berhasil dengan baik sehingga menghasilkan Vanilli yang berkualitas”, tutur Danpos. (Prod/Cen)

About admincen