Home / Post / Berita / Wujud Cinta Masyarakat Pada TNI, Masyarakat Adat Suku Kamoro Di Kampung Potowaiburu Serahkan Tanah Adat Kepada Koramil 1710-01/Kokonao

Wujud Cinta Masyarakat Pada TNI, Masyarakat Adat Suku Kamoro Di Kampung Potowaiburu Serahkan Tanah Adat Kepada Koramil 1710-01/Kokonao

Timika  ̴ Komsos sangat diperlukan oleh setiap Komando Kewilayahan khususnya di tingkat Koramil yang bersentuhan langsung dengan masyarakat. Koramil 1710-01/Kokonao sendiri meyakini bahwa dengan Komsos maka setiap perkembangan sosial di masyarakat dapat terdeteksi dengan cepat dan dilakukan langkah-langkah positif untuk menyikapinya. Mempedomani hal tersebut, kali ini Danramil 1710-01/Kokonao, Kapten Inf Rustam Pauwah melaksanakan Komsos dengan masyarakat di wilayah binaannya, Sabtu (16/02/2019).

Kegiatan Komsos ini dilaksanakan di balai kampung Potowaiburu, distrik Mimika Barat Jauh, kabupaten Mimika dengan melibatkan tokoh masyarakat setempat. Danramil melakukan perjalanan melalui laut dari Timika untuk bertemu langsung dengan masyarakat karena adanya permintaan dari warga setempat. Pada kesempatan ini masyarakat ingin menyampaikan agar Pos Koramil di kampung Potowaiburu segera diresmikan agar situasi di kampung Potowaiburu tetap terjaga dengan aman.

Keberadaan Pos Koramil Potowaiburu berada di bawah komando Koramil 1710-01/Kokonao namun status tanahnya masih meminjam dari masyarakat. Namun atas dorongan dari masyarakat, hari ini masyarakat adat Kamoro pun menjelaskan kepada Danramil bahwa tanah adat Kamoro diserahkan kepada Koramil sehingga statusnya bisa menjadi lebih jelas secara hukum. Pada kegiatan ini para tokoh masyarakat yang hadir meminta agar personel Babinsa bisa ditambah mengingat keberadaan Babinsa telah memberikan pengaruh positif pada masyarakat.

Tidak hanya itu, warga pun berharap dengan adanya Babinsa maka keamanan di kampung Potowaiburu bisa lebih terjaga karena secara umum warga sangat menghormati dan segan kepada Babinsa. Danramil pun menyampaikan pada warga “Terima kasih atas kepercayaan dari masyarakat yang sudah menyerahkan tanah adat kepada Koramil dan permintaan masyarakat akan segera disampaikan kepada Komando Atas untuk direalisasikan dalam waktu dekat” jelas Danramil.

About admincen