WUJUD KEHARMONISAN DAN KEBERSAMAAN, BABINSA KODIM SARMI BANTU OLAH SAGU

Sarmi – Praka Waicang Babinsa Koramil 1712-06/Bonggo membantu proses pengolahan di kebun sagu milik Bapak Daniel Buriam, salah satu warga Kampung Anus Distrik Bonggo Barat. Rabu (21/04/2021).

Praka Waicang yang merupakan Babinsa dari Koramil 1712-06/Bonggo mengatakan sebagai wujud keharmonisan kebersamaan dengan warga melakukan togok sagu untuk kemudian diolah. Dimana sagu merupakan salah satu makanan pokok pengganti beras, meskipun di daerah Kabupaten Sarmi masih dominan dengan menggunakan beras untuk kebutuhan makan sehari-hari.

“Ini sebagai bentuk keharmonisan dan kebersamaan dengan warga. Meskipun beras digunakan makan sehari-hari, namun sagu merupakan makanan pokok penganti beras,” jelas Babinsa.

Lebih lanjut, Praka Waicang menyebutkan bahwa sagu yang dimiliki masyarakat ini, akan diolah menjadi beraneka ragam jajanan dan makanan di wilayah Bonggo Barat.

“Sagu ini akan diolah menjadi jajanan dan makanan masyarakat Bonggo Barat,”kata Babinsa.

“Saya membantu proses pengolahan sagu milik Bapak Daniel Buriam, sekaligus belajar tentang cara menogok sagu untuk dijadikan pati dari pohon sagu. Ternyata dalam pengolahannya membutuhkan waktu dan proses panjang. Apa yang saya lakukan ini guna beradaptasi dengan lingkungan dan sebagai Babinsa saya harus bisa menyesuaikan dengan kegiatan masyarakat,” tutup Praka Waicang.

Bapak Daniel Buriam selaku pemilik sagu merasa senang dan mengapresiasi tindakan Babinsa.

“Terima kasih kepada TNI dan Babinsa, saya sangat senang dengan apa yang dilakukan Babinsa yang telah membantu dan memotivasi kami warga, khususnya dalam mengolah sagu,” ucap Daniel Buriam.

Otentifikasi : Pendam XVII/Cenderawasih.

Check Also

PERERAT SILATURAHMI, BABINSA KODIM MIMIKA BAGIKAN BINGKISAN KE WARGA

Timika – Babinsa Koramil 1710-05/Jila Serda Suriansyah melaksanakan kegiatan bersama warga binaan di Kampung Jila, …