WUJUD KEPEDULIAN, SATGAS TNI BANTU WARGA YANG ALAMI PATAH TULANG 

Keerom – Dokter Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis 512/QY Lettu Ckm Dr. M. Effendy Nugraha Hasibuan memberikan bantuan pengobatan kepada Jhone (35) warga Kampung Pir IV, Distrik Mannem, Kabupaten Keerom Papua, yang mengalami patah tulang tangan kiri karena tertimpa batang saat menebang pohon di kampung. Selasa (27/4/2021).

Lettu Ckm Dr. M. Effendi Nugraha sebagai Dokter Satgas mengatakan bahwa bermula dari mendapat laporan anggota Pos Kotis yang sedang melaksanakan jaga Pos bahwa ada masyarakat yang datang berobat karena mengalami patah lengan kiri.

“Saya sebagai Dokter Satgas mendengar ada laporan, langsung mengarahkan Yang Bersangkutan segera dibawa ke dalam ruang kesehatan,” ucap Dokter.

Dokter Satgas mengatakan bahwa setelah menyiapkan alat perlengkapan dengan didampingi oleh anggota kesehatan Pos Kotis melakukan observasi terhadap luka patah yang dialami oleh Jhone.

“Setelah melakukan observasi Dokter Satgas melakukan Traksi dan Reposisi yang di lanjutkan dengan pembidaian, tindakan ini dilakukan untuk meluruskan/mengembalikan posisi tulang agar dapat tersambung dengan baik,”kata Dokter.

Dansatgas Letkol Inf Taufik Hidayat saat dimintai penjelasan kejadian itu, mengatakan bahwa benar melihat Saudara Jhone datang ke Pos sambil merintih kesakitan.

“Ketika melihat Jhone yang datang ke Pos dengan merintih kesakitan, Dokter Satgas dengan sigap segera melakukan tindakan untuk mencegah hal-hal yang tidak di inginkan,” terang Dansatgas.

Dansatgas menambahkan bawa memberikan bantuan pengobatan kepada masyarakat merupakan kewajiban, tidak hanya yang datang ke pos, yang berada di kampung juga berikan pengobatan.

“Semua masyarakat pasti akan kami bantu, baik yang datang atau tidak kepada kami, karena ini menjadi tanggungjawab kami,” tegas Dansatgas.

Terlihat setela tindakan pengobatan selesai, Dokter Satgas berpesan kepada Jhone agar beristirahat yang cukup serta meminum obat dan vitamin tulang yang telah diberikan agar segera sembuh sehingga dapat menjalankan aktifitas kembali.

“Istirahat yang cukup dan jangan lupa obatnya diminum,” pungkas Dokter.

Jhone mengucapkan terima kasih atas bantuan pengobatan yang telah diberikan oleh Dokter Satgas dan anggota kesehatan Pos Kotis.

“Terima kasih pak Dokter tangan saya sudah diobati, semoga kebaikan pak Dokter mendapat balasan dari Tuhan,” ucapnya.

Otentifikasi : Pendam XVII/Cenderawasih.

Check Also

SUKSESKAN PROGRAM NASIONAL, BABINSA KODIM YAHUKIMO SOSIALISASIKAN VAKSINASI COVID-19

Oksibil – Babinsa Koramil 1715-01/Oksibil Sertu Lutvi melaksanakan vaksinansi di Puskesmas Oksibil beserta warga masyarakat …