WUJUDKAN IBU DAN BALITA SEHAT DI PERBATASAN RI-PNG, SATGAS TNI BERSAMA PUSKESMAS ADAKAN POSYANDU

Peg. Bintang – Satgas Pamtas RI – PNG Yonif 403/Wirasada Pratista Pos Batom bekerja sama dengan Puskesmas Batom melaksanakan kegiatan Posyandu untuk anak-anak balita dan ibu hamil di Kampung Batom 2 (dua), Distrik Batom, Pegunungan Bintang. Papua Minggu (25/4/2021).

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas Yonif 403/Wirasada Pratista Letkol Inf Ade Pribadi Siregar, S.E., M.Si., bahwa kegiatan Posyandu bagi anak balita dan ibu hamil sangat penting.

“Kegiatan Posyandu ini dilakukan agar asupan gizi dan nutrisi tetap terjaga dengan baik dan untuk menjaga daya tahan tubuh balita agar memiliki anti body yang kuat terhadap virus juga bakteri jahat, oleh karena itu bagi ibu-ibu hamil hal ini sangatlah penting agar selalu dapat terkontrol kesehatannya termasuk janin yang ada dalam kandunganya,” jelas Dansatgas.

Lebih lanjut, Dansatgas menyebutkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dalam tatanan rumah tangga harus dapat diketahui, dimengerti, dan dapat dipraktekkan oleh keluarga, anggota keluarga, serta lingkungan.

“Hal ini harus diwujudkan disetiap keluarga tinggal termasuk di lingkungan seluruh prajurit Satgas di manapun berada harus senantiasa menjaga kebersihan dan kesehatan tempat tinggalnya,”sebut Letkol Inf Ade.

“TNI akan selalu hadir di tengah masyarakat dalam situasi apapun dan dimanapun, tujuannya adalah agar bisa memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat dengan penuh keikhlasan dan ketulusan,” tambah Ade.

Terlihat kegiatan Posyandu dipimpin langsung oleh Kepala Puskesmas Distrik Batom Bapak Niko Kasipmabin (55) dengan dibantu oleh Sertu Dwi Purnomo yang merupakan Bintara Kesehatan dari Pos Batom bersama dengan 4 (empat) orang lainnya.

Bapak Niko Kasipmabin (55) menyampaikan bahwa pada kegiatan Posyandu kali ini, diikuti oleh belasan ibu-ibu beserta puluhan balita dari Kampung Batom II dengan melaksanakan penimbangan ibu-ibu hamil dan balita, pemberian susu untuk ibu-ibu hamil, pemberian makanan tambahan untuk balita serta penyuluhan tentang 10 (sepuluh) Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di dalam rumah tangga.

“Posyandu kali ini, diikuti oleh belasan ibu-ibu beserta puluhan balita dari Kampung Batom II dengan melaksanakan penimbangan ibu-ibu hamil dan balita, pemberian susu untuk ibu hamil, pemberian makanan tambahan untuk balita serta penyuluhan tentang 10 (sepuluh) Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di dalam rumah tangga yaitu, pertolongan persalinan oleh tenaga kesehatan, memberi bayi Air Susu Ibu (ASI) Eksklusif, menimbang balita setiap bulan, menggunakan air bersih, mencuci tangan dengan air bersih dan sabun, menggunakan jamban sehat, memberantas jentik di rumah sekali seminggu, makan buah dan sayur setiap hari, melakukan aktivitas fisik setiap hari dan tidak merokok di dalam rumah,” jelas Niko.

Otentifikasi : Pendam XVII/Cenderawasih.

Check Also

PERERAT SILATURAHMI, BABINSA KODIM MIMIKA BAGIKAN BINGKISAN KE WARGA

Timika – Babinsa Koramil 1710-05/Jila Serda Suriansyah melaksanakan kegiatan bersama warga binaan di Kampung Jila, …