Wujudkan Ketahanan Pangan, Pasiter Kodim 1711/BVD Edukasi Pelajar Di Sekolah

Boven Digoel – Bantu Pemerintah untuk mewujudkan ketahanan pangan daerah, Perwira Seksi Teritorial (Pasiter) Kodim 1711/BVD Kapten Inf Warsito mengenalkan pertanian sejak dini kepada siswa-siswi pada Project Tanaman Obat Keluarga (TOGA) SMAK Santa Maria Tanah Merah, bertempat di SMAK Santa Maria Tanah Merah, Kampung Mawan Distrik Mandobo Kab. Boven Digoel, Senin (19/09/2022).

Pada kegiatan tersebut Pasiter dibantu anggotanya memberikan ilmu pemanfaatan lahan kosong dan tata cara bercocok tanam dengan sarana polibek untuk ditanami sayur-mayur dan tanaman obat.

“Tujuan kegiatan ini ialah mengenalkan sejak dini ilmu bertani yang mudah dan ramah lingkungan kepada siswa-siswi SMAK Tanah Merah,” ungkap Kapten Inf Warsito.

Dijelaskan Warsito, sasaran utama edukasi pertanian adalah adik-adik yang masih duduk di bangku sekolahan dengan pertimbangan dapat menerapkan ilmunya saat ini dan di masa yang akan datang.

“Sebetulnya banyak metode yang dapat digunakan untuk bertani, akan tetapi untuk perkenalan awal bagi siswa-siswa saya berikan cara yang benar bercocok tanam media polibek dan pemanfaatan lahan kosong baik itu dilingkungan rumah ataupun sekolahan,” imbuhnya.

Ia berharap ilmu yang telah diberikan ini dapat diterima dengan baik oleh para murid SMAK Tanah Merah dan dapat diterapkan dikehidupan sehari-hari.

“Apa yang sudah saya berikan ini semoga dapat bermanfaat bagi para murid dan saya juga berpesan kepada mereka untuk tidak membantah apapun arahan maupun bimbingan dari guru kalian serta belajarlah yang rajin guna menggapai cita-citamu,” tambahnya.

Kepala SMAK Santa Maria Tanah Merah Agustinus Lonis mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih kepada Pasiter yang telah memberikan ilmu yang bermanfaat bagi anak-anak SMAK Santa Maria Tanah Merah.

“Saya ucapkan terimakasih kepada Kodim Boven Digoel dalam hal ini Pasiter yang telah memberikan ilmu pertanian secara tehnis dan praktek langsung menanam menggunakan media polibag kepada siswa-siswi dan harapannya sinergitas ini selalu terjalin lebih baik lagi dalam berbagai hal,” ucapnya.

Otentifikasi : Pendam XVII/Cenderawasih.

Check Also

Babinsa Koramil 1714-02/Ilu Laksanakan Komsos Kreatif Bangun Keakraban

Puncak Jaya ~ Babinsa Koramil 1714-02/Ilu Sertu Sugiyanto melaksanakan Komsos Kreatif dengan membangun keakraban dan …