WUJUDKAN PAPUA SEHAT, BABINSA BIAK NUMFOR DAMPINGI PROGRAM PENYULUHAN KELUARGA BERENCANA

Numfor – Jajaran TNI telah menjalin kerjasama dengan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN). Hal inilah yang diimplementasikan Babinsa Koramil 1708-05/Numfor, Sertu Sampurno dengan melaksanakan pendampingan penyuluhan Keluarga Berencana, bertempat di Desa Bawai Distrik Poiru Kabupaten Biak Numfor, Rabu (11/5/2022).

Salah satu tugas TNI di wilayah adalah adalah membantu program Pemerintah, dengan melaksanakan kegiatan bersama Puskesmas pada program penyuluhan keluarga berencana.

“Sesuai dengan Undang-undang TNI Nomor 34 Tahun 2004, menyebutkan bahwa TNI harus membantu menyukseskan semua program-program Pemerintah. Saya berharap agar masyarakat juga dapat terlibat untuk menyukseskan program-program yang di selenggarakan oleh Puskesmas sehingga di wilayah Numfor ke depannya akan tercipta masyarakat yang sehat,” imbuh Sertu Sampurno.

Menurut Kepala Puskesmas Poiru Ibu Oce Kafiar, S. Tr.Kep, penyuluhan dilakukan di Kampung Bawai karena konsep Posyandu berkaitan erat dengan keterpaduan, artinya keterpaduan yang dimaksud meliputi keterpaduan dalam aspek sasaran, lokasi kegiatan, aspek petugas penyelenggara, aspek dana dan lainnya. Dalam penyuluhan tersebut, bidan Desa memberikan panduan kesehatan bagi ibu hamil dan menyusui. Sedangkan kader Posyandu memberikan vaksinasi dan makanan suplemen buat balita. Posyandu juga menjadi media deteksi dini kasus-kasus malnutrisi dan kekurangan gizi pada bayi dan balita.

“Semoga partisipasi yang kami berikan bisa menjadikan keluarga yang berkualitas sesuai dengan tuntutan zaman. Babinsa juga dituntut mampu mewujudkan program pembentukan Kampung KB di wilayah binaannya, melalui sinergitas dengan dinas dan instansi terkait,” ucapnya.

Otentifikasi : Pendam XVII/Cenderawasih.

Check Also

Karya Bakti Dan Bakti Sosial Rindam Dalam Rangka HUT Ke-61 Kodam XVII/Cenderawasih

Sentani – Sebagai satuan yang berkedudukan di bawah, maka Rindam XVII/Cen ikut berpartisipasi dalam rangka …