WUJUDKAN PRESTASI SISWA SD, SATGAS TNI AJARKAN BELA NEGARA

Merauke – Ditengah masa Pandemi Covid-19 yang masih berjalan ini dan minimnya tenaga pendidik di daerah perbatasan, Satgas Yonif 611/Awang Long yang berada langsung dibawah Kolakops Korem 174/ATW memberikan materi pembelajaran kepada anak anak SD YBPPK Petrus Bupul, Distrik Elikobel. Jumat (26/02/2021).

Walaupun Satgas Yonif 611/Awang Long mempuyai tugas pokok menjaga perbatasan negara antara RI-PNG tetapi disela-sela waktu yang ada Satgas Yonif 611/Awang Long juga memberikan program pendidikan serta tenaga pendidik kepada anak-anak yang berada diperbatasan, materi yang diberikan berupa bela negara dengan tujuan menanamkan kecintaan terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia serta menanamkan nilai-nilai luhur Pancasila, menyanyikan lagu-lagu wajib nasional Republik Indonesia serta memberikan gambaran perjuangan pahlawan nasional dimasa-masa penjajahan, dimana berkat perjuangan mereka melawan penjajah kita bisa menikmati kemerdekaan.

Dansatgas Yonif 611/Awang Long Mayor Inf Albert Frantesca yang mengetahui kegiatan tersebut dalam rilis tertulisnya menyampaikan pesan “membela negara bukan hanya tugas militer tetapi semua warga negara juga berkewajiban untuk ikut serta dalam upaya bela negara. konsepsi hukum mengenai bela negara di Indonesia sudah diatur dan tercantum yang berlandaskan kepada Undang-Undang Dasar (UUD) 1945, khususnya Pasal 27 ayat (3) yang menyebutkan bahwa setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara.” ujarnya.

“Kemudian berbicara tentang bela negara harus bisa memaknai nilai-nilai cinta tanah air, sadar berbangsa dan bernegara yakin Pancasila sebagai ideologi negara, rela berkorban untuk bangsa dan negara dan memiliki kemampuan awal bela negara.” tegasnya.

“Harapannya dengan melakukan kegiatan mengajar bela negara seperti ini bisa menambah wawasan dan kecintaan para anak-anak terhadap NKRI dan bisa meneruskan perjuangan para pahlawan salah satunya dengan menorehkan prestasi dibidang Pendidikan.” tutupnya.

Otentifikasi : Pendam XVII/Cenderawasih.

Check Also

PANGDAM CENDERAWASIH TERIMA KUNJUNGAN PEMUDA KATHOLIK KOMISARIAT DAERAH PROV. PAPUA

Jayapura – Panglima Kodam XVII/Cenderawasih, Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono, M.A, menerima kunjungan Audiensi dari …