Begini Wujud Kedekatan Satgas Yonif 143/TWEJ Dengan Masyarakat Di Pedalaman Papua

Keerom ~ Kedatangan Satgas Yonif 143/TWEJ ke wilayah Papua sebagai pasukan pengaman perbatasan RI-PNG bukan hanya untuk menjaga stabilitas keamanan dan perbatasan semata, namun menjalankan juga tugas lain dalam rangka membantu kesejahteraan masyarakat melalui kegiatan-kegiatan sosial untuk memperkokoh kemanunggalan TNI-rakyat.

Seperti halnya yang dilakukan oleh Pos Ubrub Satgas Yonif 143/TWEJ yang pada kesempatan tersebut mendatangi warga untuk memasak dan makan bersama sebagai wujud kedekatan dan kemanunggalan dengan masyarakat di Kampung Umuaf, Distrik Web, Kab. Keerom, Papua, Kamis (22/6/2023).

Hal tersebut diungkapkan oleh Dankipur II Satgas Yonif 143/TWEJ Lettu Inf M. Supriyono dalam keterangannya.

“Kegiatan ini merupakan salah satu upaya Satgas dalam menjalin komunikasi sosial dengan warga setempat. Selain itu juga sebagai wujud kemanunggalan antara TNI dengan masyarakat diwilayah pedalaman Papua,” ungkap Dankipur II.

“Dengan selalu mendekatkan diri kepada masyarakat, Satgas dapat mengetahui dan merasakan kondisi yang dialami dengan segala kelebihan dan kekurangannya,” tambahnya.

Pada kesempatan ini anggota Satgas Yonif 143/TWEJ yang dipimpin oleh Danpos Ubrub Sertu Afnan mendatangi rumah Mama Maria Tuu salah satu warga Kampung Umuaf untuk memasak dan makan bersama. Tampak suasana akrab penuh kegembiraan walaupun penuh kesederhanaan namun tidak mengurangi makna dari acara tersebut sebagai salah satu media menjalin keakraban.

“Walaupun menu dari masak bersama ini sangat sederhana namun makna yang kita dapat sangtlah besar sebagai bukti manunggalnya TNI-rakyat, dari merekalah kami berasal dan akan kembali nantinya,” jelas Dankipur II.

Sementara itu, Mama Maria Tuu (40) menyambut gembira dan menyatakan rasa bangga atas kunjungan serta kegiatan yang dilakukan oleh Satgas Yonif 143/TWEJ, pihaknya sangat mengapresiasi kegiatan tersebut sebagai wujud ikatan batin yang kuat antara Satgas dengan masyarakat.

“Mama sangat senang kedatangan anak pos yang masak dan makan bersama kami, beginilah keadaan warga disini, semoga ikatan batin ini terjalin abadi, Tuhan memberkati Bapak TNI semua,” ucapnya.

Otentifikasi : Pendam XVII/Cenderawasih

Check Also

Bagikan Bibit Sayuran, Babinsa Yapsel Ajak Warga Manfaatkan Lahan

Yapen ~ Babinsa Koramil 1709-01/Yapen Selatan Kodim 1709/Yawa Sertu Sofyan Karim membagikan bibit sayuran sawi …