Danramil 1703-01/Enarotali Sukseskan Acara Ebamukai Di Gereja Paroki ST Santo Yusef Enarotali

Paniai – Dalam menyiapkan dan menyukseskan perayaan hari raya Natal Tahun 2022/2023 di lingkungan Gereja Katolik Paroki Santo Yosef Enarotali, Danramil 1703-01/Enarotali Mayor Cba (K) Marina Rumawak menghadiri kegiatan dalam rangka penggalangan dana, diantaranya (Ebamukai) atau alas tikar, bertempat di lapangan Thoe Makai/Gereja Paroki Santo Yusup Enarotali, Jln Pater Kammerer No 1 Kompleks Misi Iyaitaka Enarotali, Distrik Paniai Timur, Kab. Paniai, Senin (14/11/2022).

Dalam kesempat tersebut, Danramil 1703-01/Enarotali Mayor Cba (k) Marina Rumawak mengatakan, bahwa kegiatan (Ebamokai) atau alas tikar sebagai bentuk sumbangsih juga perhatian umat Katolik secara umum dan umat Paroki pada khususnya untuk membantu Gereja dalam rangka perayaan hari raya Natal Tahun 2022/2023. Kegiatan (Ebamukai) diikuti oleh warga dari berbagai Gereja-Gereja katolik yang berada di Kabupaten Paniai.

“Kami dari aparat keamanan di wilayah Kabupaten Paniai khususnya TNI selalu mendukung kegiatan masyarakat seperti halnya kegiatan (Ebamukai) pengumpulan dana untuk mendukung kelancaran perayaan hari raya Natal Tahun 2022/2023 di Gereja Katolik Paroki Santo Yusup Enarotali,” ungkapnya

“Dengan adanya kegiatan ini akan mewujudkan kemanunggalan TNI dengan rakyat dan menjaga hubungan yang harmonis antara aparat keamanan yang ada di Kabupaten Paniai dengan masyarakat,” tutup Danramil.

Kegiatan (Ebamukai) pemberian dana yang dilakukan oleh tamu undangan tokoh adat, tokoh pemuda, tokoh perempuan dan tokoh masyarakat berlangsung dalam suasana meriah, karena semua yang terlibat merupakan berbagai suku, juga bahasa daerah masing-masing. Penyumbang pertama dalam (Ebamukai) yaitu dari pihak TNI di pimpin Danramil 1703-01/Enarotali beserta Anggota , Danramil Koramil Persiapan Bibida, Wadan Satgas Yonif RK 113/JS, Danpos Satgas Yonko Paskhas 462/Pulanggeni, Ketua Gereja Paroki, Ketua Mudika wilayah Paniai, badan pengurus Gereja Katolik Paroki Santo Yusef Enarotali, pembina listinar, pembina anak sekolah minggu, Panitia Persenibas Paroki, komisi kepemudaan bekenap Enarotali dan lainnya.

Pastor Gereja Katolik Paroki Santo Yusup Enarotali Dominikus Dulione Hono Pr. mengapresiasi dan berterimakasih kepada semua pihak yang telah membantu Gereja meskipun umat juga dalam kekurangan. Diharapkan, umat Katolik terus menjaga kebersamaan dan persatuan.

“Kita harus bersatu, bersatu untuk membangun dan hari ini adalah buktinya. Ebamokai ini kita lakukan persuku sehingga mereka benar-benar berjuang. Karena kita masuk lewat suku, maka mereka mengundang kekerabatanya. Sehingga ada keterlibatan agama lain seperti Kristen Protestan dan Islam. Bukan Gereja yang mengundang namun mereka yang mengundang atas dasar dan kebersamaan sebagai satu suku,” tambahnya.

Otentifikasi : Pendam XVII/Cenderawasih.

Check Also

Kasdam didamping Wakil Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Berbagi Kasih Di Pondok Pesantren Darul Qur’an Wadda’wah Argapura

Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Izak Pangemanan, M.Han diwakili Kasdam XVII/Cen Brigjen TNI Hariyanto beserta Ny. …