Indahnya Kebersamaan, Satgas Yonif 405/SK Rayakan Natal Bersama Masyarakat Banti

Tembagapura – Perayaan Hari Natal di Desa Waa Banti, Distrik Tembagapura, Kab. Mimika, berlangsung khidmat dan meriah. Ratusan masyarakat yang berasal dari Kp. Banti 1, Kp. Banti 2, Kp. Opitawak dan Kp. Kimbeli hadir mengikuti ibadah yang penuh kasih dan damai tersebut di Distrik Tembagapura Kabupaten Mimika, Senin (26/12/2022).

Demikian disampaikan oleh Danki SSK I Satgas Yonif 405/SK Kolakops Korem 174/ATW Kapten Inf Darwis MT. Siburian, S.T. Han yang turut menghadiri ibadah Natal sekaligus memimpin langsung pengamanan kegiatan.

“Ibadah Natal di Desa Waa Banti terbagi di 2 tempat, yakni di Gereja GKII Kp. Kimbeli untuk yang beragama Katholik dan GKI Kp. Opitawak untuk yang beragama Kristen. Anggota Pos Banti Satgas Yonif 405/SK hadir di dua tempat ini,” kata Danki SSK I Satgas Yonif 405/SK Kapten Inf Darwis MT. Siburian, S.T. Han.

“Disamping mengikuti ibadah Natal bagi anggota yang merayakan, anggota Pos Banti Satgas Yonif 405/SK juga mengamankan berlangsungnya kegiatan agar tercipta kenyamanan dan kehidmatan masyarakat dalam beribadah serta mengantisipasi adanya gangguan keamanan”.

“Rangkaian kegiatan diawali dengan pembacaan do’a bersama, pembukaan oleh Bpk. Yanias Uamang selaku tokoh agama Kp. Banti 1, drama yang ditampilkan oleh perwakilan Jemaat Klasis Tembagapura dari masing-masing kampung, penyampaian puji-pujian, khotbah yang disampaikan oleh Pdt. Hengky Magal dan diakhiri dengan pemberian persembahan oleh Jemaat,” jelasnya.

Sementara itu, Pdt. Hengky Magal dalam sambutannya mengatakan, melalui Natal mari menyambut dan panjatkan terang serta kasih Yesus Kristus dengan menghasilkan kebaikan, keadilan dan kebenaran ditengah tantangan zaman.

“Momen kelahiran Yesus Kristus diharapkan kasih dan damai dapat dirasakan oleh seluruh umat Kristiani dimanapun berada. Ibadah di hari Natal sebagai bentuk syukur kita atas rahmat Tuhan, mari bersama merawat wilayah kita Tembagapura dengan membangunnya menjadi lebih baik dan maju melalui bantuan pemerintah dan PT. Freeport Indonesia. Masyarakat menolak semua pihak yang berusaha membuat kekacauan atau keresahan di wilayah kita. Sudah cukup kita mengungsi, kini saatnya kita kembali menempati kampung kita dan hidup penuh kasih,” ungkapnya.

Di tempat yang sama, Bapak Julianus Janampa (Kepala Suku Amungme Kp. Tagabera) mewakili warga mengucapkan terima kasih atas segala bentuk kepedulian yang telah diberikan oleh seluruh pihak baik Pemerintah, PT. Freeport Indonesia, serta Satgas yang tergelar di Distrik Tembagapura sehingga pelaksanaan ibadah hari Natal tahun dapat berjalan dengan lancar dan kondusif.

“Kami berharap agar kedepannya wilayah Distrik Tembagapura selalu tercipta situasi dan kondisi yang aman dan damai,” tutup Julianus.

Otentifikasi : Pendam XVII/Cenderawasih.

Check Also

Atasi Kesulitan Warga, Babinsa Koramil 1708-06/Supiori Utara Bantu Perbaiki Jembatan

Supiori ~ Babinsa Koramil 1708-06/Supiori Utara Serka Yan Pasiga bergotong-royong besama dengan warga masyarakat memperbaiki …