Kapoksahli Pangdam XVII/Cenderawasih Hadiri Wisuda Stisipol Silas Papare Jayapura

Jayapura ~ Pangdam XVII/Cenderawasih diwakili oleh Kapoksahli Pangdam XVII/Cenderawasih Brigjen TNI Achmad Fauzi, S.I.P., M.M., menghadiri kegiatan Wisuda Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Stisipol) Silas Papare, bertempat di Hotel Mercure Jayapura Papua, Selasa (3/10/2023).

Stisipol Silas Papare di Jayapura merupakan Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik yang bernaung di bawah Yayasan Mandala Trikora yang telah melahirkan banyak Sarjana dan sejak lama berkontribusi dalam peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di wilayah Papua. Yang sejarah berdirinya sejak Bapak Pangdam XVII/Cenderawasih yang saat itu dijabat oleh Brigjen TNI Raja Kami Sembiring Meliala, berinisiatif mendirikan Yayasan Mandala Trikora yang bergerak dalam bidang pendidikan pada tahun 1984. Sebagai wujud keabsahan dari yayasan tersebut, maka pada tanggal 5 Juni 1984 dibuat akte notaris pendirian Yayasan Mandala Trikora sebagai dasar hukum tetap. Kemudian pada tanggal 14 Pebruari 1985 diadakan perubahan akte notaris pendirian tentang nama sekolah tinggi, susunan dewan penyantun dan pengurus Yayasan Mandala Trikora.

 

Tampak acara wisuda Sarjana berlangsung khidmat, dimulai dari prosesi pelaksanaan Rapat Senat Terbuka, menyanyikan Hymne, pelantikan dan pengukuhan Sarjana, pemberian restu, janji dan kesan pesan Wisudawan. Dan kali ini yang diwisuda dari Program Studi Sosiologi sebanyak 19 orang dan Program Studi Ilmu Pemerintahan sebanyak 30 orang, dari jumlah tersebut sebanyak 89,80% atau 44 orang adalah putra putri asli Papua.

Sementara itu, saat didaulat memberikan sambutan Pangdam XVII/Cenderawasih yang dibacakan oleh Kapoksahli Pangdam XVII/Cenderawasih Brigjen TNI Achmad Fauzi, S.I.P., M.M., menyampaikan ucapan selamat kepada 49 orang Wisudawan/Wisudawati, atas keberhasilannya menyelesaikan studi di Stisipol Silas Papare Jayapura dan mengapresiasi kepada para orang tua Wisudawan/Wisudawati atas keberhasilan mengantar putra putrinya menjadi sarjana.

“Stisipol ini dibangun untuk meningkatkan SDM di bidang Ilmu Pengetahuan Sosial dan Pemerintahan. Visi Stisipol Silas Papare Jayapura sebagai lembaga pendidikan yang mandiri, berkualitas dan bermartabat serta berwawasan kebangsaan, sehingga terciptakan atmosfir kampus yang rukun, damai dan harmonis diantara Civitas Akademika. Kampus ini mempunyai tujuan yang dapat dikelompokkan dalam tiga komponen dasar mengacu pada Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pendidikan dan pengajaran, penelitian serta pengabdian kepada masyarakat,” kata Brigjen TNI Achmad Fauzi, S.I.P., M.M.,

“Proses pendidikan tidak berhenti setelah berhasil meraih gelar kesarjanaan, sebab pendidikan berlangsung seumur hidup. Apa yang telah didapat pada hari ini, sejatinya merupakan sebuah langkah awal untuk mencapai tujuan selanjutnya yang lebih berat dan kompleks dalam menembus dunia kerja,” tambahnya.

Lebih lanjut, Kapoksahli berharap kepada para Wisudawan/Wisudawati untuk tidak menggantungkan seluruh potensi kepada lapangan kerja, tetapi harus mau berinovasi dan berkreasi dengan memposisikan diri sebagai pencipta lapangan pekerjaan, karena dengan berbekal ilmu yang didapat selama masa perkuliahan akan menjadi modal utama untuk berkarya.

“Apresiasi patut diberikan kepada segenap Civitas Akademika Stisipol karena atas dedikasi, profesionalisme, loyalitas, pengabdian dan kerja keras dalam mendidik, mengajar serta membimbing para Mahasiswa/Mahasiswi mulai dari tahun 1990 sampai dengan saat ini telah meluluskan 2601 Sarjana,” tutup Kapoksahli Pangdam XVII/Cenderawasih.

Di tempat yang sama, Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah XIV Papua dan Papua Barat, Dr. Suriel S. Mofu, S.Pd., M.Ed., TEFL., M.Phil (Oxon) mengatakan, pihaknya merasa bangga dan berbahagia melihat sebanyak 49 Mahasiswa yang telah diwisuda, terlebih mayoritas putra-putri asli Papua.

“Ini menandakan bahwa Stisipol hadir untuk ikut untuk memberdayakan dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) di daerah,” pungkas Dr. Suriel S. Mofu.

Turut hadir dalam acara Wisuda, Pj. Gubernur Papua diwakili Bpk. Makmur Tajudin selaku Kadis Pendidikan Perpustakaan dan Arsip Daerah Prov. Papua, Kapolda Papua diwakili Kombespol Alamsyah selaku Dir Obvit Polda, perwakilan DPRP, perwakilan Pemkot Jayapura, Ketua Stisipol Bpk. Drs. Sujarot, M.Si, perwakilan Uncen, perwakilan Yapis, Kaajendam XVII/Cen.

Otentifikasi : Pendam XVII/Cenderawasih.

Check Also

Manunggal Dengan Rakyat, Babinsa Yaptim Bantu Warga Bangun Rumah

Yapen ~ Sebagai bukti kemanunggalan TNI dan rakyat terealisasi dengan baik diwilayah binaannya, Sertu Patrik …