Tanam Ribuan Pohon, Pangdam XVII/Cenderawasih Tegaskan Komitmen Menanam Kembali Hutan-Hutan Yang Rusak

Kodam XVII/Cenderawasih melaksanakan kegiatan penanaman pohon sebagai wujud kepedulian terhadap lingkungan dalam rangka memperingati Hari Juang TNI AD yang dipimpin langsung oleh Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Izak Pangemanan, M.Han didampingi Ketua Persit Kartika Chandra Kirana (KCK) Daerah XVII/Cen Ny. Juliet Izak Pangemanan, bertempat di kawasan Bukit Robong Distrik Sentani Timur, Kab. Jayapura, Provinsi Papua, Kamis (14/12/2023).

Demikian disampaikan Ws. Kapendam XVII/Cenderawasih Letkol Inf Candra Kurniawan, S.E.,M.M dalam keterangannya.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Kasdam XVII/Cen Brigjen TNI Hariyanto, Kapoksahli Pangdam XVII/Cen Brigjen TNI Achmad Fauzi, S.I.P., M.M, Danlanud Silas Papare Masrma TNI Indan Gilang Buldansyah., S.Sos., Para Pejabat Utama Kodam dan Polda Papua, Forkopimda Provinsi Papua dan Kab. Jayapura, Para Asisten, Kabalakdam, Prajurit TNI Polri, pengurus Persit KCK PD XVII/Cen dan Ormas, serta Para Tokoh Adat, Tokoh Pemuda, Tokoh Agama, Tokoh Perempuan dan Tokoh masyarakat.

Pada peringatan hari juang ke-78 TNI AD kali ini, yang setiap tahunnya diperingati pada tanggal 15 Desember mengusung tema “TNI AD bersama rakyat bersatu dengan alam untuk NKRI”.

Terkait kegiatan ini, Pangdam menyampaikan dengan menanam pohon dapat membantu menjaga lingkungan yang lebih sehat dan lestari. Terlebih di wilayah Jayapura pernah terjadi banjir bandang menerjang Distrik Sentani Kabupaten Jayapura pada tahun 2019 yang lalu. Untuk itu, dipilihnya kawasan konservasi cagar alam pegunungan Cycloop untuk penanaman pohon adalah tepat karena pegunungan Cycloop sebagai penghasil oksigen, sebagai penyuplai air bagi Danau Sentani dan merupakan kawasan yang kaya potensi hayatinya, baik flora maupun fauna. Selain itu, pegunungan Cycloop juga sebagai laboratorium bagi penelitian ilmiah tentang ekosistem.

“Ini sebagai momentum yang baik dalam menumbuhkan kesadaran diri tentang arti pentingnya menjaga dan memelihara lingkungan, untuk saat ini maupun di masa mendatang. Mari kita bersinergi melakukan berbagai kegiatan sebagai upaya mengatasi penggundulan dan penebangan hutan dan menjaga ekosistem di wilayah Papua. Dengan harapan tanah Papua yang kita cintai bersama, semakin lestari dan hijau dengan segala keanekaragamannya,” kata Pangdam.

“Terimakasih kepada kepada Ondoafi sebagai pemilik tanah ulayat daerah Asei Kecil ini yang telah memberikan kesempatan untuk menanam pohon. Dengan kita peduli dengan lingkungan, lingkungan juga akan peduli sama kita. Dengan kita menjaga hutan, maka hutan akan menjaga kita juga. Untuk itu, diharapkan apa yang pernah terjadi banjir bandang ini, tidak terjadi lagi,” tambah Mayjen TNI Izak.

Lebih lanjut, Pangdam menegaskan komitmennya akan berusaha terus untuk menanam kembali hutan-hutan yang sudah rusak, sehingga yang ditanam dapat terjaga, bisa tumbuh, sehingga nanti kedepan pohon yang ada akan melindungi dan memberikan manfaat bagi masyarakat.

“3.000 pohon ditanam saat ini sebagai langkah awal. Lokasi lain juga akan dilaksanakan penanaman pohon bersama semua komponen, baik Pemda, TNI Polri, Basarnas, semua Ormas dan Masyarakat,” tegas Pangdam.

“Mari kita jaga apa yang sudah ditanam ini, dan jangan dibakar agar bisa tumbuh dan ke depan bisa mengembangkan tanaman komoditi lainnya, seperti tanaman kopi untuk dataran rendah yaitu kopi Liberika yang dapat memberikan penghasilan bagi masyarakat. Bahkan bisa menghasilkan air dan mencegah banjir.”

“Semua satuan jajaran Kodam, baik di Jayapura Korem 172/PWY, di Biak Korem 173/PVB dan Korem 174/ATW di Merauke juga serentak menanam pohon,” tegas Pangdam.

Sementara itu, Bapak Lot Pepuho selaku Ondoafi mengungkapkan rasa syukur bangganya kepada Kodam XVII/Cen yang menanam pohon di wilayahnya.

“Jika pohon sudah tanam, kalau bisa jangan sampai terbakar. Saya akan awasi karena sering terjadi kebakaran jadi masyarakat akan rugi jika tanaman ini tidak tumbuh,” ungkap ondoafi.

Disela-sela kegiatan tersebut dilaksanakan Penyerahan pohon secara simbolis oleh Pangdam kepada perwakilan TNI Polri dan masyarakat, kemudian dilanjutkan pelaksanaan penanaman pohon secara serentak.

Usai kegiatan penanaman pohon dilanjutkan pelaksanaan Vicon yang dipimpin oleh Kasad Jenderal TNI Maruli Simanjuntak., M.Sc kepada seluruh Pangdam Se-Indonesia.

Check Also

Kodim 1709/Yawa Gelar Syukuran Dalam Rangka HUT Ke-61 Kodam XVII/Cenderawasih

Yapen ~ Kodim 1709/Yawa menggelar syukuran Hari Ulang Tahun ke-61 Kodam XVII Cenderawasih dengan mengusung …