Ketua LMA Port Numbay Apresiasi Kebijakan Kasad

Jayapura ~ Kebijakan KASAD terkait meloloskan putra putri Papua yang berhasil menjuarai Tournament Piala KASAD Tahun 2023 di wilayah Kodam XVII/Cenderawasih beberapa waktu lalu, mendapat apresiasi dari beberapa tokoh adat Papua khususnya dari Ketua LMA Port Numbay George A. Awi.

George A. Awi yang juga merupakan Ondoafi Warke Kampung Nafri menyampaikan apresiasi atas kebijakan KASAD Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman mengadakan pertandingan olahraga untuk menjaring bibit-bibit unggul dari tanah Papua. Dimana para juara diberikan hadiah untuk dapat mengikuti pendidikan Bintara PK TNI AD tanpa tes.

“Saya sangat mengapresiasi atas program dari Bapak KASAD yaitu melalui olahraga khususnya sepak bola. Dimana kampung kami ini yaitu Kampung Nafri dapat menjadi juara 1 sehingga para generasi dari kampung ini dapat berangkat mengikuti pendidikan Bintara PK TNI AD,” ujarnya saat memberikan sambutan pada acara syukuran SSB Nafri sebagai juara 1 Tournament Piala KASAD Tahun 2023 di wilayah Kodam XVII/Cenderawasih, bertempat di Kediaman Ketua LMA Port Numbay, Distrik Abepura, Papua, Minggu (27/8).

“Orang yang mau masuk TNI itu susahnya luar biasa, tetapi spontan Bapak KASAD sampaikan pada saat penutupan bahwa dari pemenang yang mau masuk TNI bisa langsung masuk tanpa tes. Saya rasa ini sangat luar biasa,” lanjut George A. Awi.

Menurutnya, apa yang telah dilakukan oleh KASAD merupakan salah satu pola pendekatan humanis yang tepat, pendekatan humanis bentuknya seperti program KASAD yaitu melalui olahraga.

“Program ini sangat baik, bisa menjadikan generasi muda Papua jauh dari perbuatan negatif seperti miras dan narkoba. Kepada adik saya Lukas Tjo’e sebagai Ketua Badan Pengurus SSB Nafri sangat luar biasa, walaupun dia seorang Tentara tetapi di tengah-tengah kesibukannya dia bisa meluangkan waktunya untuk membina generasi muda Papua lewat sepak bola. Untuk itu kepada Bapak KASAD, Danrem, Dandim kami atas nama Masyarakat Kampung Nafri, Ketua LMA Port Numbay dan seluruh masyarakat Papua mengucapkan banyak terima kasih,” pungkasnya.

Sementara itu Dandim 1701/Jayapura, Letkol Inf Hendry Widodo yang turut hadir menyampaikan, kemenangan SSB Nafri dalam mengikuti Piala KASAD merupakan suatu kebanggaan buat dirinya, sebab SSB Nafri yang merupakan binaan Kodim 1701/Jayapura dapat memperoleh berbagai prestasi tidak hanya saat ini saja.

“Ini adalah suatu kebanggaan buat saya karena hampir pemenang Piala KASAD dari wilayah kami sehingga saya sangat bangga. Saya juga memberikan selamat kepada Bapak Ibu yang putranya kemarin berkeinginan untuk bergabung dengan TNI AD telah berangkat dan jumlahnya ada 10 orang,” ucapnya.

Staf Ahli Wali Kota Jayapura Bidang SDM dan Kemasyarakatan, Sem Stely Merauje menyampaikan bangga kepada kepada pemuda-pemudi Kampung Nafri yang telah mencetak prestasi yang luar biasa, Pemerintah Kota Jayapura memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya.

“Suatu momen yang sangat luar biasa KASAD sendiri tiba untuk menonton anak-anak kita dari Papua. Khusus dari Kampung Nafri yang telah mencetak prestasi tersendiri, ini yang perlu dibina dan dijaga oleh saudara Kris Yarangga bersama-sama dengan masyarakat Kampung Nafri,” katanya.

“Kami dari Pemerintah Kota Jayapura juga memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Kepala Staf Angkatan Darat. Kami berharap program seperti ini dapat dilakukan setiap tahunnya, sebab dari program ini kita bisa terus membina anak-anak muda Papua agar kedepan lebih baik lagi,” pungkasnya.

Turut hadir Kasiter Kasrem 172/PWY Kolonel Arh Samujiyo, Ketua Klasis GKI Port Numbay Pdt. Andris W. Tjoe, M.Th., Ondoafi Sembekra Kampung Nafri Daniel Awi dan masyarakat Kampung Nafri.