Pentingnya Pendidikan Diwilayah Terpencil, Satgas Pamtas Statis RI-PNG Yonif 111/KB Lakukan Program Kampung Pancasila

Boven Digoel ~ Satgas Pamtas Statis RI-PNG Yonif 111/KB melalui Pos Kotis Asiki memberikan tenaga pendidik untuk mendukung Pemerintah Daerah berantas buta aksara dengan memberikan materi seperti wawasan kebangsaan, cinta tanah air, baris berbaris, dan sejarah Papua untuk murid SD Inpres Asiki, Distrik Jair, Kabupaten Boven Digoel, Papua Selatan, dalam program Kampung Pancasila, Sabtu (21/10/2023).

Sebelumnya, Satgas Pamtas Statis RI-PNG Yonif 111/KB yang bertugas di wilayah Kolakops Korem 174/ATW telah menyiapkan personil yang memiliki keterampilan dalam mengajar, selain itu disela kegiatan belajar mengajar prajurit TNI Satgas Pamtas juga memberikan buku tulis dan alat tulis sebagai bentuk dukungan moril anak-anak sekolah agar lebih giat lagi belajar,

Dikatakan Lettu Inf Kompak Ginting selaku Pabintal Satgas bahwa kegiatan Gadik juga dilaksanakan oleh Pos Satgas lainnya yang disektor binaanya terdapat sekolah-sekolah khususnya di distrik terpencil Papua Selatan.

“Dengan tambahan tenaga pendidik dapat membantu Pemerintah Daerah meningkatkan mutu pendidikan khususnya di distrik terpencil agar kedepan anak-anak pedalaman tidak kalah dengan yang di perkotaan tentang mutu pendidikan,” Lettu Inf Kompak Ginting.

Selain itu, Lettu Inf Kompak Ginting menambahkan bahwa pihak Satgas memberikan pengetahuan Wasbang kepada murid SD Inpres Asiki dan berharap semoga dapat berguna dan bermanfaat bagi warga duntuk menumbuhkan kecintaan kepada tanah air.

“Mereka juga dibekali dan diajari tambahan ilmu pengetahuan baru, serta dibekali tentang kedisiplinan, mental dan semangat juang, agar tidak mudah terpengaruh dan terprofokasi oleh pihak yang ingin merusak generasi muda di wilayah pedalaman Papua Selatan,” tambahnya.

Sementara itu, Bapak Budi Wododo, S.Pd. selaku Kepala Sekolah SD Inpres Asiki mengucapkan terima kasih atas bantuan tenaga pendidik yang diberikan oleh Satgas Pamtas Statis RI-PNG Yonif 111/KB.

“Kita bangga memiliki TNI yang mempunyai kemampuan dalam mengajar. Kedepan TNI dan pihak sekolah terus berkolaborasi untuk meningkatkan mutu pendidikan anak-anak, mereka semua terlihat senang dan gembira atas materi yang diajarkan Bapak TNI. Semoga ini dapat menjadi motivasi yang tinggi terhadap pelajar dalam membangkitkan semangat,” ucap Kepala Sekolah.

Otentifikasi : Pendam XVII/Cenderawasih

Check Also

Danrem 174/ATW Ikuti Vicon Peresmian Rumah Sakit Pusat Pertahanan Negara (RSPPN) Panglima Besar Soedirman dan 20 Rumah Sakit TNI

Danrem 174/ATW Brigjen TNI Agus Widodo, S.I.P., M.Si., beserta Pj. Gubernur Papua Selatan Prof. Dr. …