Pengungsi Erogobak Kab. Puncak Mendapatkan Bansos Pangdam XVII/Cenderawasih

Bertempat di Pos Eromaga Satgas Yonif 300/Bjw Distrik Omukia Kab Puncak, telah dilaksanakan kegiatan pembagian Bantuan Sosial (Bansos) Pangdam XVII Cenderawasih oleh Aparat Keamanan TNI wilayah Ilaga Kab. Puncak kepada masyarakat pengungsi dari Erogobak Distrik Omukia Kab Puncak, Sabtu (21/10/2023).

Tujuan kegiatan pemberian bantuan ini, untuk membantu dan meringankan beban hidup masyarakat akibat aksi teror berupa intimidasi dan ancaman dari gerombolan Kelompok Separatis Teroris (KST). Sekaligus memberikan perlindungan kepada para pengungsi.

Turut hadir dalam kegiatan pembagian Bansos ini, Letkol Inf Jonathan Nidio Aprimanda, S.H (Dandim 1717/Puncak), Letkol Inf Afri Swandi Ritonga (Dansatgas Yonif 300/Bjw), Kapten Inf La Ode Amran, Lettu Inf Slamet dan Lettu Inf Ardimas Mahardika S. Tr(Han). Demikian pula partisipasi aktif dari Koramil 1717-01/Ilaga, Satgas Pamtas Mobile Yonif Raider 300/Bjw dan Aparat TNI lainnya.

Kedatangan masyarakat yang mengungsi ini, diketahui pada Jumat (20/10/2023) pukul 21.00 WIT bermula masyarakat sekitar 52 orang mengungsi di Pos Eromaga Satgas Yonif 300/Bjw, akibat mendapat ancaman dari KST.

Seperti diungkapkan Kepala Kampung Eronggobak Bpk. Markita bahwa masyarakat Erogobak diancam oleh kelompok KSTP menggunakan senjata api dan senjata tajam sehingga merasa takut dan mengungsi ke saung depan Pos Eromaga Satgas Yonif 300/Bjw.

Merespon permasalahan ini, dengan cepat Dansatgas Yonif 300/Bjw menyiapkan Tim guna melaksanakan kegiatan Kemanusiaan Antara lain pemasangan tenda pemberian makan, pengecekan kesehatan, pakaian, selimut dan tempat untuk beristirahat di Pos Eromaga.

Tak hanya itu, juga dilakukan koordinasi dengan Aparat TNI lainnya yang berada di wilayah Ilaga Kab. Puncak dalam rangka pelaksanaan kegiatan Kemanusiaan bagi masyarakat pengungsi Kampung Erogobak Distrik Omukia Kab Puncak.

Lebih lanjut, pada hari Sabtu pagi (21/10/2023) Pkl. 11. 20 WIT Dokter Satgas Yonif 300/Bjw melakukan pengecekan kondisi kesehatan masyarakat pengungsi. Usai kegiatan ini, kemudian Letkol Inf Jonathan Nidio Aprimanda S.H selaku Dandim 1717-01/Ilaga membagikan Bansos berupa makan nasi bungkus makan siang, Sembako, pakaian baru, pengobatan, selimut dan snack ringan kepada masyarakat pengungsi yang berada didepan saung Pos Eromaga Satgas Yonif 300.

“Terimakasih atas bantuan yang diberikan kepada masyarakat Kp. Erogobak Distrik Omukia Kab Puncak,” ungkap haru Kepala Suku Erogobak Bapak Marikita saat menerima Bansos.

“Masyarakat Erogobak meminta bantuan perlindungan keamanan di Pos Eromaga Distrik Omukia Kab Puncak karena ancaman,” imbuhnya

Sementara itu, Letkol Jonathan Nidio Aprimanda, S.H (Dandim 1717/Puncak) mengatakan akan terus berupaya melindungi masyarakat dari ancaman KST, bahkan akan memberikan bantuan.

“Disempatan ini, masyarakat juga menyampaikan terima kasih kepada Pangdam XVII/Cenderawasih atas Bansos yang baru saja kita berikan,” pungkas Dandim.

Kondisi masyarakat pengungsi saat ini dalam keadaan aman dan sehat. Demikian pula kondisi Kampung Erogobak saat ini dalam keadaan kondusif setelah dilaksanakan Patroli oleh TNI.

Check Also

Atasi Kesulitan Warga, Babinsa Koramil 1708-06/Supiori Utara Bantu Perbaiki Jembatan

Supiori ~ Babinsa Koramil 1708-06/Supiori Utara Serka Yan Pasiga bergotong-royong besama dengan warga masyarakat memperbaiki …