Tingkatkan Kedisiplinan, Babinsa Mengajar PBB Pada Siswa-Siswi SD YPPGI Kepas Kopo

Paniai – Babinsa Koramil 1703-01/Enarotali Serka Edi Martono Haan dan Sertu Rudi Wakum melaksanakan pembinaan bela negara diikuti oleh 174 siswa/siswi bertempat di lapangan Upacara SD YPPGI Kepas Kopo Jalan Poros Madi-Bibida, Distrik Paniai Timur, Kabupaten Paniai. Selasa (25/10/2022).

Kepala Sekolah SD YPPGI Kepas Kopo Ibu Juni Sriyanti Simanjuntak menyampaikan, latihan peraturan baris berbaris (PBB) dilakukan guna memantapkan karakter bangsa dan pendidikan pendahuluan bela negara, agar para siswa mengerti tujuan latihan ini untuk menanamkan rasa tanggung jawab, cinta tanah air, pengamalan Pancasila dan UUD 45.

“Dengan cara ini diharapkan mereka akan semakin mampu meningkatkan rasa nasionalisme, serta memiliki jiwa korsa, persatuan dan kesatuan dalam mendukung tugas sekolah,” ujar Ibu Juni Sriyanti Simanjuntak.

Sementara itu, sebagai pemateri PBB Serka Edi Martono Haan Babinsa Koramil 1703-01/Enarotali melatihkan Peraturan Baris Berbaris (PBB), Peraturan Penghormatan dan Dasar-dasar Kedisiplinan serta latihan tata upacara bendera. Selain itu Babinsa juga mengisi dengan pembekalan nilai-nilai pengamalan Pancasila dan sejarah perjuangan bangsa.

Dalam materi praktek, diawali dengan memberikan contoh gerakan agar dapat dilihat dan diikuti oleh seluruh siswa.

 “Kami beri instruksi dan menilai gerakannya, jika masih salah akan kita koreksi dan diulangi lagi sampai benar”, kata Serka Edi Martono Haan.

Para siswa pun terlihat antusiasme dengan pelatihan yang diberikan oleh Babinsa. Saat pemberian teori mereka memperhatikan dengan seksama apa yang dijelaskan oleh Babinsa dan juga pada saat praktek mereka pun terlihat penuh bersemangat mengikuti gerakan demi gerakan yang dilatihkan.

Danramil 1703-01/Enarotali Mayor Cba (k) Marina Rumawak mengungkapkan, kegiatan yang dilaksanakan personil Babinsa selain memberikan banyak hal positif lainnya yang bisa diambil dari pembelajaran PBB, yakni karakter untuk kuat di bawah tekanan, loyalitas, dan juga kecepatan dalam mengambil keputusan dalam situasi yang sulit.

“Pembentukan watak atau karakter di bangku sekolah, kedepannya akan sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari, lingkungan belajar-mengajar, maupun saat mereka menjadi pemimpin bangsa kelak,” kata Danramil.

Otentifikasi : Pendam XVII/Cenderawasih.

Check Also

Atasi Kesulitan Warga, Babinsa Koramil 1708-06/Supiori Utara Bantu Perbaiki Jembatan

Supiori ~ Babinsa Koramil 1708-06/Supiori Utara Serka Yan Pasiga bergotong-royong besama dengan warga masyarakat memperbaiki …