Kunjungan Kerja Ke Biak, Waaster Kasad Apresiasi Kolam Budidaya Air Tawar Komoditi Ikan Lele Ketahanan Pangan Nasional Kodim 1708/BN

Kodim 1708/BN menerima kunjungan kerja dari Waaster Kasad Brigjen TNI Taufik Shobri, M.Han (Waaster Kasad Bidang Tahwil Komsos dan Bhakti TNI) dalam rangka melaksanakan kegiatan Wasev Sterad Program Bidang Komsos Semester I TA.2024 bertempat di Makodim 1708/BN Jl. Sriwijaya, Kelurahan Brambaken, Distrik Samofa, Kabupaten Biak Numfor, Rabu (24/4/2024).

Dalam kunjungannya, Waaster Kasad Brigjen TNI Taufik Shobri, M.Han didampingi Letkol Inf Amin M. Said, S.H (Pabandya-1/Bin Kompem Spaban IV/Komsos Sterad), Kapten Inf Zaenal Arifin, S.S.T.Han., S.I.P., M.Sc, (Pabanda Kom KB TNI Spaban IV/Komsos Sterad) dan Serka Aldo Pratama Nica (Baur Min Kom KB TNI Spaban IV/Komsos Sterad).

Kedatangan Waaster Kasad Bidang Tahwil Komsos dan Bhakti TNI beserta rombongan disambut Plh Kasdim 1708/BN Mayor Cku (K) Patresia Siante beserta para Perwira Staf Kodim 1708/BN.


Usai menerima paparan Pasiter Kodim 1708/BN Lettu Inf Ridiyanto tentang program kerja dibidang Komsos Waaster Kasad menuju Kolam Budidaya Air Tawar Komoditi Ikan Lele Ketahanan Pangan Nasional Kodim 1708/BN.

Waaster Kasad mengapresiasi kolam budidaya lele tersebut sebagai langkah nyata dalam mendukung ketahanan pangan nasional. “Dengan adanya kolam budidaya ini, diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam menyediakan pasokan ikan lele bagi masyarakat setempat,“ ungkapnya.

Selama berada di lokasi, Waaster Kasad berkesempatan untuk berbincang dengan pengusaha lele yang merupakan mitra dari Kodim 1708/BN. Dalam percakapan tersebut, pengusaha lele memberikan penjelasan mendalam mengenai proses budidaya lele mulai dari Pengolahan kualitas air Kolam, Penebaran Benih, Pemberian Pakan, Grading (Penyortiran), Perawatan Ikan hingga pemasaran.

Waaster Kasad dengan seksama mendengarkan penjelasan dari pengusaha lele tersebut dan mengapresiasi upaya serta dedikasi yang telah dilakukan Kodim 1708/BN dalam menjalankan usaha budidaya lele. Ia menyatakan bahwa kolaborasi antara Kodim 1708/BN dan pengusaha lokal ini merupakan contoh nyata dari sinergi antara TNI dan masyarakat dalam mendukung ketahanan pangan nasional.

Kunjungan ini juga menjadi kesempatan bagi Waaster Kasad untuk melihat secara langsung potensi dan tantangan yang dihadapi dalam upaya meningkatkan produksi ikan lele di wilayah tersebut. Dari situ, diharapkan dapat dirumuskan langkah-langkah strategis yang lebih efektif dalam mendukung pengembangan budidaya ikan lele di masa mendatang.

“Semoga kerjasama antara Kodim 1708/BN dan pengusaha lokal dapat terus ditingkatkan demi terwujudnya ketahanan pangan nasional yang lebih kuat dan berkelanjutan,“ pungkas Waaster Kasad.

Check Also

Sambut HUT Ke-61, Kodam XVII/Cenderawasih Gelar Karya Bakti Bersihkan Sampah Pasar Youtefa

Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-61 Kodam XVII/Cenderawasih ke-61, sejumlah kegiatan dilaksanakan termasuk …