Satgas Organik Yonif Raider 301/PKS, Tanamkan Jiwa Kebersamaan Masyarakat Melalui Gotong Royong

Puncak Jaya – Satgas Satuan Organik Yonif Raider 301/Pks Posramil Kota Baru, dalam pembinaan teritorialnya (Binter) kali ini menyasar kepada kegiatan karya bakti, dengan mengajak warga bergotong royong mengolah lahan kebun di Kampung Igimbut Distrik Pagaleme, Kabupaten Puncak Jaya Papua, Kamis (17/11/2022).

Menurut Danposramil Kota Baru Letda Inf Edi Januar, luas lahan kebun yang akan diolah 70 x 50 m2 dan jarak dari Pos ke lahan kebun kurang lebih 0,5 Km, rencananya lahan tersebut apabila selesai diolah akan ditanami ubi jalar, keladi dan sayuran jenis kol, yang hasilnya dalam beberapa bulan kedepan bisa dijadikan sebagai cadangan bahan makanan pokok bagi warga.

“Kegiatan gotong royong dipimpin Dantim Bintahwil Posramil Kota Baru Serda Dian Fahrudi Kustiawan, warga dengan anggota Posramil bahu-membahu mengolah lahan kebun ini dengan semangat. Mereka sekali-kali bercanda dan terlihat sangat kompak, sehingga pekerjaan pun cepat selesai. Kegiatan ini, selain membantu warga dalam memenuhi cadangan pangannya, juga menjalin semakin dekatnya hubungan antara Satgas dengan warga,” ucap Danposramil.

Di tempat berbeda, Dansatgas Satuan Organik Yonif Raider 301/Pks Letkol Inf Mohammad Syaifuddin Fanany, S.H., M.I.P dalam keterangannya mengatakan kegiatan gotong royong merupakan salah satu kearifan lokal yang diharapkan mampu bertahan sebagai filter modernisasi dan globalisasi baik langsung maupun tidak langsung, dan untuk mempengaruhi kehidupan masyarakat yang cenderung individuali.

“Selain itu, kegiatan bakti TNI dengan mengajak masyarakat bergotong royong, merupakan wujud kepedulian Satgas kepada warga. Warga selalu diajak untuk membiasakan hidup saling membantu atau bergotong royong, diharapkan kehidupan diera modernisasi ini masih tetap tertanam jiwa kebersamaan di masyarakat, sehingga tercapai kehidupan yang sejahtera, cukup sandang dan pangan,” tutur Dansatgas.

Olvan Telenggen (26) tokoh pemuda Kampung Igimbut mengucapkan terima kasih sebanyak-banyaknya kepada Posramil Kota Baru Satgas Satuan Organik Yonif Raider 301/Pks yang sudah mengajak kami bergotong royong membuka lahan kebun, sehingga kebun ini siap untuk ditanami.

“Sekali lagi, kami ucapkan terima kasih Bapak TNI,” ujarnya.

Otentifikasi : Pendam XVII/Cenderawasih.

Check Also

Babinsa Tigi Laksanakan Pengamanan Dan Pemantauan Hari Raya Idul Fitri 1445 H

Deiyai ~ Babinsa Koramil 1703-02/Tigi Serka Petrik Yarances bersama 5 orang rekan lainya dan Bhabinkamtibmas …