Cerdaskan Kehidupan Anak, Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 511/DY Jadi Tenaga Pendidik Di Tanah Papua

Merauke – Peduli pada pembangunan mental anak generasi bangsa di Papua, Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 511/DY Pos Kout berikan wawasan kebangsaan kepada siswa-siswi di SMP Negeri 3 Muting yang dipimpin oleh Dantonkes Lettu Ckm Dedy P. Widodo beserta 9 orang anggota di Kampung Sipias, Distrik likobel, Kabupaten Merauke, Sabtu (28/01/2023).

Dansatgas Pamtas RI-PNG Yonif 511/DY Letkol Inf Rully Noriza, S.I.P., M.I.P., dalam keterangannya mengatakan bahwa Manunggalnya TNI dengan rakyat terbukti luar biasa, dengan paradigma TNI berasal dari rakyat dan cinta dengan rakyat, serta kembali ke rakyat. Satgas ikut menyukseskan tujuan pendidikan nasional mencerdaskan kehidupan bangsa, dengan ikut membantu guru mengajar di sekolah.

“Kali ini kami mengajarkan wawasan kebangsaan, seperti halnya melalui pelatihan dasar PBB (baris berbaris) dan pemberian materi wasbang yang dilakukan oleh Pos Kout Satgas Yonif 511/DY yang bertujuan untuk menumbuhkan sikap kedisiplinan, jiwa nasionalisme dan patriotisme untuk terciptanya rasa cinta tanah air. Karena anak-anak inilah yang nantinya akan menjadi generasi-generasi penerus bangsa Indonesia dikemudian hari,” tutur Dansatgas Letkol Inf Rully Noriza, S.I.P., M.I.P.

Di tempat yang sama, Lettu Ckm Dedy P. Widodo mengatakan bahwa membantu mengajar dan memberikan pelatihan dasar PBB serta memberikan materi wawasan kebangsaan tentang kepribadian dan jati diri bangsa dan Negara Indonesia, yang terdiri dari 4 (empat) pilar yaitu, Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Seluruh siswa begitu semangat dan antusias dalam mengikuti rangkaian kegiatan dari awal sampai akhir,” ucap Dantonkes Lettu Ckm Dedy P. Widodo.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMP N 3 Muting Benyamin Karaeng, S.Pd., (40) mengatakan sungguh luar biasa Bapak-bapak TNI dari Satgas Yonif 511 Badak Hitam yang sudah mau membagikan ilmu kepada anak-anak didiknya.

“Anak-anak mengetahui tata cara baris berbaris yang benar dan baik serta menambah pengetahuan mereka tentang bangsa dan Negara Indonesia. Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya semoga apa yang diberikan oleh Bapak-bapak TNI dibalas oleh Tuhan Yang Maha Esa,” ucap Bapak Benyamin.

Otentifikasi : Pendam XVII/Cenderawasih.

Check Also

Langkah Preventif Kodam Cenderawasih Gelar P4GN Dan Penyuluhan Pemadaman Kebakaran

Sebagai wujud konsistensi Kodam XVII/Cenderawasih dalam mendukung secara maksimal mewujudkan Indonesia bebas Narkoba. Sejauh ini …