Pangdam XVII/Cenderawasih Dan Kapolda Pimpin Aksi Bersih Sampah Dan Tanam Ribuan Pohon Kelapa Di Sepanjang Pantai Holtekamp

Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Izak Pangemanan, M.Han dan Ketua Persit KCK Daerah XVII/Cenderawasih Ny. Juliet Izak Pangemanan bersama Kapolda Papua Irjen Pol. Mathius D. Fakhiri, S.I.K memimpin aksi karya bakti pembersihan sampah dan penanaman pohon kelapa sepanjang pantai Holtekamp dan pantai Hamadi, dengan mengusung tema “TNI AD Bersama Rakyat Bersatu Dengan Alam Untuk NKRI” bertempat di Pantai Holtekamp, Jln. Poros Holtekamp, Kampung Engros, Distrik Abepura, Kota Jayapura, Kamis (25/1/2024).

Demikian disampaikan Ws. Kapendam XVII/Cenderawasih Letkol Inf Candra Kurniawan, S.E., M.M dalam keterangannya.

“Semua yang datang, baik prajurit TNI Polri, pelajar, PNS dan ASN, pelajar, masyarakat, para Tokoh dan Ketua Paguyuban beserta anggotanya, organisasi kemasyarakat dan Ibu-Ibu Persit KCK PD XVII/Cenderawasih terlihat semangat dan antusias bersih-bersih pantai maupun menaman pohon untuk sukseskan karya bakti di pantai Hamadi dan Pantai Holtekam Kota Jayapura,” jelas Kapendam.

“Ini juga menunjukkan bahwa Kodam XVII/Cen sebagai penyelenggara sangat peduli terhadap lingkungan dan kondisi sosial kemasyarakatan,” jelas Ws. Kapendam.

Mengawali kegiatan ini, Pangdam XVII/Cen Mayjen TNI Izak Pangemanan, M.Han mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat, Prajurit TNI Polri, PNS dan ASN, pelajar dan Mahasiswa, Para Tokoh, Para Ketua Paguyuban beserta anggotanya, semua elemen masyarakat atas kehadiran dan partisipasinya karena menunjukkan kepedulian dan partisipasi aktif terhadap pembangunan di Papua khususnya dalam menjaga kelestarian lingkungan.

Pangdam berharap bentuk kegiatan tersebut harus terus digalakkan secara masif dan berkelanjutan.

“Karya bakti pembersihan sampah sepanjang pantai Holtekamp ini bertujuan untuk menjaga pantai agar tidak tercemar oleh sampah plastik yang sangat berbahaya, karena butiran-butiran kecil dari elemen plastik yang dikenal dengan sebutan mikroplastik dapat terakumulasi dalam tubuh organisme laut, sehingga dapat mencemari lingkungan maupun mengancam kesehatan manusia,” kata Pangdam.

“Penanaman pohon ini juga bertujuan untuk menahan abrasi dan gelombang pasang serta mengurangi dampak pemanasan global maupun bencana lainnya,” imbuhnya.

Pangdam berharap sepanjang pantai Holtekamp menjadi bersih dan pohon yang ditanam dapat tumbuh besar menjadi tanggul alami, bahkan penambah pesona keindahan alam yang sehat, sejuk dan nyaman.

“Semua yang kita lakukan ini, merupakan bentuk kecintaan serta komitmen bersama dalam menjaga kelestarian alam di Tanah Papua. inilah wujud implementasi Kodam XVII/ Cenderawasih bersama masyarakat bersatu dengan alam untuk NKRI, mari kita jadikan momentum yang baik ini sebagai edukasi untuk menumbuhkan kesadaran diri tentang arti pentingnya menjaga dan memelihara lingkungan, untuk saat ini maupun di masa mendatang,” jelas Mayjen Izak.

“Mari kita terus bersinergi melakukan berbagai kegiatan sebagai upaya untuk mengatasi permasalahan sampah, mencegah bencana sekaligus meningkatkan sektor pariwisata di wilayah Papua dengan harapan tanah Papua semakin lestari, hijau dan maju dengan segala keanekaragamannya,” ungkap Pangdam.

Hadir dalam kegiatan ini, Kasdam XVII/Cen Brigjen TNI Hariyanto, Danrem 172/PWY Brigjen TNI Dedi Hardono, S.I.P., Kapoksahli Pangdam XVII/Cen Brigjen TNI Achmad Fauzi, S.I.P., M.M., Para Pamen Ahli Pangdam XVII/Cen, Para Asisten Kasdam XVII/Cen, Para Kabalakdam XVII/Cen, Dansat Brimob Polda Papua Kombes Pol Budi Satrijo, S.I.K., M.Hum, Wadanlantamal X Jayapura Kolonel Laut (P) Nanang Hariono, Dandim 1701/Jayapura Kolonel Inf Henry Widodo, Kabagops Binda Papua Kolonel Inf Gatot Rahmad Hariyono, Kadispers Lanud Silas Papare Kolonel Adm Gusti Sopyan Nur, S.E., Wakapolresta Jayapura Kota AKBP Deni Herdiana, S.E., S.H., M.M., M.H., Plt. Asisten II Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Papua Suzana Dewijana Wanggai, S.Pd., Msoc., SC., Wakil Ketua III DPRP Papua Yulianus Rumbairusy, S.Sos., M.M, dan Pj. Sekretaris Daerah Kota Jayapura Robby Kepas Awi, S.E., M.M.

Check Also

Tanggap Bencana, Babinsa Koramil Dawai Bersama Warga Perbaiki Jalan Longsor Trans Yapen

Yapen ~ Akibat tingginya curah hujan yang terjadi beberapa hari terakhir di Wilayah Distrik Yapen …