Pangdam XVII/Cenderawasih Pimpin Rapim, Gandeng DJP Papua Dan KPK

Jayapura – Kodam XVII/Cenderawasih menggelar Rapat Pimpinan (Rapim) Tingkat Kodam Tahun 2023 dipimpin secara langsung oleh Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Muhammad Saleh Mustafa, bertempat di Aula Tony A. Rompis Makodam XVII/Cenderawasih, Selasa (07/03/2023).

Demikian disampaikan Kapendam XVII/Cenderawasih Kolonel Kav Herman Taryaman, S.I.P., M.H dalam keterangannya.

“Pangdam XVII/Cenderawasih membuka secara resmi Rapim Kodam. Pada kesempatan ini, Pangdam memberikan arahan kepada Para Pimpinan Satuan Jajaran Kodam, kemudian dilanjutkan pemaparan dari Asisten Perencanaan Kodam (Asrendam) dan Para Pejabat Asisten Kasdam XVII/Cenderawasih. Tak hanya itu acara juga dirangkai dengan materi dari DJP Papua Papua Barat dan Maluku dan KPK (Komisi Pemberatasan Korupsi),” jelas Kapendam XVII/Cenderawasih.

Dalam Rapim tersebut, Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Muhammad Saleh Mustafa mengatakan agenda Rapim digelar untuk menyamakan persepsi dan interpretasi dalam menghadapi tugas, sekaligus untuk mengevaluasi pelaksanaan tugas. Hal ini dikarenakan setiap kegiatan harus memiliki esensi dan nilai nilai yang kemudian digunakan untuk tugas menjadi semakin baik. Kedepan dinamika semakin kompleks sehingga harus profesional, khususnya anggaran harus transparan.

“Jika tidak transparan anggaran, tidak fokus dalam anggaran, maka organisasi akan bermasalah. Oleh karenanya saat ini harus profesional, tanggung jawab anggaran harus benar,” jelas Pangdam XVII/Cenderawasih.

“Saya memberikan kepercayaan dan tanggung jawab kepada Para Komandan Satuan. Gunakan kepercayaan ini, karena kepercayaan itu penting,” tegas Mayjen TNI Muh. Saleh.

“Saya ingin tanamkan Good Governance dan Good Budget berlaku di Kodam XVII/Cenderawah. Oleh karenanya dalam Rapim ini, mengangkat tema Kodam XVII/Cenderawasih yang profesional dan adaptif siap menyukseskan pembangunan di wilayah Papua dalam rangka mendukung Tugas Pokok TNI AD.”

“Gunakan Rapim membahas yang bersifat strategis tingkat Kodam termasuk anggaran sesuai tugas tanggung jawab masing-masing,” tutup Pangdam XVII/Cenderawasih.

Disela kegiatan Rapim tersebut, Pangdam XVII/Cenderawasih memberikan penghargaan kepada 17 Prajurit yang berprestasi atas pelaksanaan tugas dan kepada satuan yang berprestasi dalam mengelola anggaran dengan tertib sesuai ketentuan yang berlaku.

Sementara itu, Bapak Heri Kuswanto, S.E., Ak., M.M., selaku Kepala Kanwil Ditjen Pajak Papua Papua Barat dan Maluku menyampaikan apresiasi atas kesempatan untuk memberikan sosialisasi perpajakan di Kodam XVII/Cenderawasih.

“Hal ini menunjukkan kesadaran pajak yang tinggi dari pimpinan dan Staf di Kodam. Saya berharap agar kedepan dapat terjadi kolaborasi dan kerjasama yang semakin baik sehingga kepatuhan pajak semakin baik dan dapat membantu optimalisasi penerimaan perpajakan yang sangat penting untuk pembangunan,” ungkap Bapak Heri Kuswanto, S.E., Ak., M.M., selaku Kepala Kanwil DJP Papua Papua Barat dan Maluku.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Pemateri Ibu Safrina dari KPK bahwa acara Rapim Kodam XVII/Cenderawasih yang melibatkan KPK menunjukkan komitmen Kodam dalam bebas KKN.

“Materi LHKPN yang disampaikan pemateri dari KPK sangat penting bagi Para Pejabat Kodam XVII/Cenderawasih, baik sebelum menjabat, saat dan setelah menjabat,” ungkap Ibu Safrina.

Pada Rapim Kodam XVII/Cenderawasih tersebut, juga diadakan penyerahan bantuan kepada keluarga Alm Praka Anumerta Lukas A. Woremba berupa uang santunan Rp. 454. 003.200,- (Empat Ratus Lima Puluh Empat Juta Tiga Ribu Dua Ratus Rupiah) yang diterima secara langsung oleh Ibu Kandung almarhum Praka Anm Lukas A Worembai dan Bapak Demianus Worembai (Bapak angkat Alm Praka Anumerta Lukas A. Worembai) yang gugur akibat kekejaman penembakan KST di wilayah Yahukimo beberapa waktu lalu.

“Kami keluarga besar Kodam XVII/Cenderawasih turut berduka atas pengorbanan almarhum Praka Anm Lukas A. Worembai yang telah gugur dalam menjalankan tugas di Yahukimo. Kami Kodam XVII/Cenderawasih adalah keluarga besar dari Ibu Kandung almarhum Praka Anm Lukas A Worembai, sehingga hak-hak akan diterima oleh Ibu Kandung dan akan diuruskan oleh kita Kodam dan silahkan diterima. Semoga kita ikhlaskan kepergian Alm diterima disisi Tuhan sebagai penghibur keluarga,” ungkap Pangdam XVII/Cenderawasih.

Hadir dalam acara Rapim tersebut Kasdam XVII/Cenderawaaih Brigjen TNI Brigjen TNI R. Sidharta Wisnu Graha, S.E., Irdam XVII/Cenderawasih Brigjen TNI Agus Supriyo Winarno, S.Sos., Kapoksahli Pangdam XVII/Cenderawasih Brigjen TNI Danang Wiranta, Danrem 173/PVB dan Danrem 174/ATW (melalui Vicon), Kasrem 172/PWY, Para Pamen Ahli Pangdam XVII/Cenderawasih, Para Asisten Kasdam XVII/Cenderawasih, Pa LO, dan Para Kabalakdam XVII/Cenderawasih.

Otentifikasi : Pendam XVII/Cenderawasih.

Check Also

Atasi Kesulitan Warga, Babinsa Koramil 1708-06/Supiori Utara Bantu Perbaiki Jembatan

Supiori ~ Babinsa Koramil 1708-06/Supiori Utara Serka Yan Pasiga bergotong-royong besama dengan warga masyarakat memperbaiki …