Panglima TNI Dan Kapolri Kunjungi Makodam XVII/Cenderawasih Tekankan Pendekatan Persuasif dan Sinergitas TNI Polri Di Papua

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto, S.E.,M.Si., dan Kapolri Jenderal Pol Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Makodam XVII/Cenderawasih dalam rangka memberikan pengarahan kepada Prajurit dan PNS TNI Polri yang berada di wilayah Papua, Jumat pagi (8/12/2023).

Mengawali Kunker di Makodam XVII/Cen, Panglima TNI dan Kapolri disambut oleh Pangdam XVII/Cen Mayjen TNI Izak Pangemanan, M.Han dan Kapolda Papua Irjen Pol. Mathius Fakhiri beserta Ketua Persit Kartika Chandra Kirana (KCK) Daerah XVII/Cen Ny. Juliet Izak Pangemanan dan Kapolda Papua.

Usai mendapat pengalungan bunga dari Pangdam dan Kapolda Papua, dengan diiringi tari-tarian adat Papua dan tepuk tangan dan nyanyian dari Para Prajurit dan PNS TNI Polri, Panglima TNI dan Kapolri memasuki Makodam XVII/Cen.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Para Pejabat Utama Mabes TNI dan Mabes Polri, Para Pejabat Utama Kodam XVII/Cen dan Polda Papua, Lantamal X dan Lanud Silas Papare, serta Para Komandan Satuan TNI Polri di wilayah Papua, Prajurit dan PNS TNI Polri, serta Ibu-ibu Persit.

Mengawali kegiatan pengarahan kepada Para Komandan Satuan (Dansat) TNI Polri di Aula Toni Rompis Makodam, Pangdam XVII/Cen menyampaikan selamat datang kepada Panglima TNI dan Kapolri beserta rombongan di Papua, khususnya di Makodam. Kemudian dilanjutkan kegiatan paparan Pangdam dan Kapolda Papua.

Dihadapan Para Dansat TNI Polri, Panglima TNI dan Kapolri menegaskan akan pentingnya pendekatan Soft Power atau secara persuasif dalam setiap penyelesaian permasalahan Papua.

Demikian pula saat memberikan pengarahan kepada 1.411 orang Prajurit dan PNS TNI Polri di Lapangan Paving Blok Makodam, Panglima TNI menyampaikan bahwa perlu meningkatkan sinergitas antara TNI Polri dalam menjaga keamanan di Papua, baik dalam rangka Pemilu, maupun dalam penyelesaian permasalahan lainnya.

Pada kesempatan ini, Panglima TNI dan Kapolri memberikan penghargaan kepada Para Prajurit dan PNS TNI Polri yang berprestasi dan putra-putri dari Prajurit dan PNS TNI Polri yang berprestasi.

Sementara itu pada sore hari (8/9), saat di Lantamal X Jayapura, Panglima TNI dan Kapolri melaksanakan Bakti Kesehatan berupa pelayanan dan pengobatan kesehatan bagi masyarakat, serta menggelar acara Deklarasi Komitmen Bersama Pemilu Damai Papua 2024 bersama Komponen masyarakat Papua dalam rangka mewujudkan Pemilu 2024 di Papua yang aman, tentram, damai dan berjalan dengan lancar.

Mengakhiri kegiatan, Panglima TNI dan Kapolri juga melepas rombongan Babin Tripatra (Babinsa, Babinpotmar, Babinpotdirga, dan Babinkamtibmas) yang membawa tali asih berupa bingkisan Natal dan paket Sembako untuk masyarakat.

Check Also

Komsos Jadi Media Babinsa Koramil 1709-03/ Waropen Bawah Dekat Dengan Warganya

Waropen ~ Komunikasi sosial merupakan salah satu media Babinsa untuk mengenal warganya lebih dekat dan …