Pelihara Tradisi dan Budaya, Satgas Yonif 310/KK Olah Sagu Bersama Warga

Keerom ~ Peribahasa mengatakan Dimana bumi dipijak, di situ langit dijunjung, sepenggal kalimat ini yang mendasari Pos Somografi Satgas Yonif 310/KK untuk dapat membaur dengan masyarakat salah satunya turut serta dalam mengolah Sagu di Kampung Somografi, Distrik Web, Kabupaten Keerom, Kamis (28/3/2024).

Hal tersebut disampaikan oleh Dansatgas Yonif 310/KK Letkol Inf Andrik Fachrizal dalam keterangan tertulisnya secara terpisah di Makotis (Markas Komando Taktis) di Distrik Oksibil, Kabupaten Pegunungan Bintang.

Dikatakan Dansatgas bahwa Sagu adalah makanan pokok bagi masyarakat yang tinggal di wilayah Indonesia Timur. Biasanya Sagu diolah menjadi Papeda, jenis makanan seperti bubur dengan tekstur yang kental. Sagu memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi serta beragam nutrisi lain seperti protein, serat, kalsium, dan zat besi.

“Mengolah tanaman sagu merupakan bagian dari upaya memelihara tradisi masyarakat Papua, ini juga merupakan wujud bahwa Satgas Yonif 310/KK menghormati adat istiadat yang berlaku,” terang Dansatgas.

Menurut Letkol Inf Andrik Fachrizal, melakukan berbagai aktifitas bersama warga dalam hal ini mengolah sagu, bertujuan untuk membantu dan menumbuhkan semangat masyarakat dalam mengolah makanan khas Papua agar tetap terjaga.

“Selain itu, ini juga sebagai usaha untuk mendekatkan diri kepada masyarakat agar terjalin hubungan silaturahmi yang baik antara TNI dan warga khususnya di wilayah perbatasan,” ucapnya.

Dalam kesempatan ini, Danpos Somografi Letda Inf Entis Sutisna bersama personil Satgas membantu warga mengolah sagu dari mulai proses pemilihan batang pohon sagu berkualitas yang akan ditebang, proses pemotongan batang sagu, hingga memukul/mencacah batang pohon sagu dengan alat khusus (penokok) dan selanjutnya menyaring batang sagu yang sudah dihaluskan sampai akhirnya menjadi tepung sagu.

“Wilayah Papua memiliki Sumber Daya Alam Hayati yang melimpah salah satunya Sagu yang kerap digunakan masyarakat sekitar sebagai bahan makanan pokok,” tambah Letkol Inf Andrik Fachrizal.

Atas bantuan yang diberikan serta keikutsertaan personil Satgas Yonif 310/KK, salah satu warga Kampung Somografi Ibu Justina (43) mengucapkan terima kasihnya, dirinya merasa sangat terbantu dalam pengolahan sagu tersebut.

“Kami sangat senang dan berterima kasih kepada Bapak-bapak TNI yang telah membantu proses pembuatan tepung sagu sehingga pekerjaan kami menjadi terasa ringan dan lebih cepat dari sebelumnya,” tutur Justina.

Check Also

Karya Bakti Dalam Rangka HUT Kodam XVII/Cenderawasih Ke-61 Tahun 2024

Karubaga – Pasiter Kodim 1716/TLK Kapten Inf V.L Cendra Hungan memimpin jalannya pelaksanaan Karya Bakti …