Prajurit Ghupta Vira Turut Sukseskan Pawai Obor Hari Pandu Sedunia Di Perbatasan RI PNG

Merauke – Pawai Obor yang diikuti oleh sekolah diperbatasan Papua mulai dari tingkat SD, SMP, SMK dan Mahasiswa Universitas Musamus, bertempat di Bumi perkemahan Gugus Depan SD Inpres Jagebob VI Jalan Protokol Kampung Kartini SP-2 Distrik Jagebob, Selasa (28/2/2023).

Pawai tersebut dilaksanakan untuk memperingati Hari Pandu Sedunia ke-62 Tahun 2023 dimana peserta yang diikuti 500 orang dari gugus depan dengan mengenakan baju Pramuka dan berbagai miniatur Hiasan. Pawai obor dilepas oleh Ketua Mabiran Pramuka Distrik Jagebob Bapak Lambertus Naunce yang diwakili oleh pembina Pramuka dan sejumlah tamu dari Kepala Kampung Kartini, Kapolsek Jagebob, Perwakilan Puskesmas Jagebob, Guru-guru serta Tokoh Masyarakat. Pawai tersebut di mulai dari lapangan Distrik Jagebob dan berakhir di SD Inpres Jagebob VI Jalan Protokol Kampung Kartini dilanjutkan Upacara Api Unggun.

Dalam Pawai Danpos Pamtas RI-PNG Yonif 757/GV Pos Kartini Letda Inf Diki P. Siregar, S.Tr.(Han) mengatakan bahwa kegiatan Pramuka dalam acara pawai obor adalah untuk memperingati Hari Pandu Sedunia pada tanggal 22 Februari setiap Tahunnya dan merupakan ajang bagi siswa/siswi di perbatasan Papua untuk memancarkan semangat lewat Api suci yang dibawa pada saat Pawai Obor.

“Pawai obor merupakan penerang dan pencerahan bagi generasi muda untuk meneruskan cita-cita para pendahulu kita. Kepada adek-adek pramuka, salurkanlah kreasi dengan hal-hal yang positif dalam menuju masa depan yang lebih baik,” ungkap Danpos.

Di tempat yang sama, Kepala Sekolah SD Inpres Jagebob VI atas nama Bapak Khozin, S.Pd (57) menyatakan kegiatan Pawai Obor ini pun sangat diapresiasi oleh Masyarakat Distrik Jagebob, karena membuat siswa/siswi mendapatkan pengalaman yang baru melatih kemandirian, tanggung jawab, kerjasama, empati, dan disiplin. Memupuk keberanian memimpin dan dipimpin.

“Kami sangat berterima kasih kepada personel Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 757/GV yang telah mengawal siswa/siswi yang mengikuti kegiatan Pramuka Pawai Obor untuk menjadi generasi penerus bangsa yang Kreatif dan bersemangat memancarkan cahaya Api Suci untuk menerangi Jalan, semoga moment berkesan ini dapat menjadi kenangan yang baik bagi Masyarakat dan memberikan kebahagiaan kepada murid kami, Tuhan selalu memberkati,” ucap Bapak Khozin, S.Pd.

Otentifikasi : Pendsm XVII/Cenderawasih.

Check Also

Tingkatkan Semangat Gotong-Royong, Babinsa Bantu Penggalian Pondasi WC Milik Warga

Biak ~ Wujud kepedulian terhadap sesama yang dilakukan oleh Babinsa Posramil 1708-02/Biak Utara Warsa Serda …