Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat Papua, Satgas Yonif RK 115/ML Berikan Bantuan 5.400 Bibit Kopi Siap Tanam

Puncak Jaya ~ Sebagai wujud nyata kepedulian TNI dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat Papua, Satgas Yonif RK 115/ML siapkan 5400 bibit kopi yang sedang di semai di 4 lokasi antara lain Kampung Pruleme, Wuyuneri, Tinolok dan Tirineri. Nantinya 5400 bibit kopi siap tanam akan dibagikan kepada masyarakat di wilayah Kab. Puncak Jaya, Papua, Rabu (31/5/2023).

Hal ini diungkapkan Dansatgas Yonif RK 115/ML Letkol Inf Raden Herman Sasmita dalam keterangannya.

“Kegiatan ini adalah bentuk kepedulian dari TNI kepada masyarakat dan sebagai wujud nyata TNI hadir memberi manfaat untuk masyarakat. Bibit kopi yang akan kami berikan adalah jenis kopi Arabika yang kami bawa dari Gayo Provinsi Nangroe Aceh Darussalam,” ujar Dansatgas.

“Sebagai salah satu program unggulan dari Satgas Yonif RK 115/ML dalam upaya untuk meningkatan kesejahteraan masyarakat, karena tanaman kopi memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Apabila bibit kopi ini berhasil tumbuh di tanah Puncak Jaya, tentunya hasil penjualan kopi ini akan memberikan penghasilan baru bagi masyarakat dan kemandirian ekonomi dapat terwujud. Sehingga secara perlahan, masyarakat tidak lagi mengandalkan bantuan dari Pemerintah Daerah,” tutur Dansatgas.

“Diperkirakan pada bulan Agustus 2023, bibit yang saat ini sedang dalam proses penyemaian akan dapat kami bagikan kepada masyarakat dan siap ditanam,” tambah Dansatgas.

Senada dengan hal tersebut, Pasiter Satgas Letda Inf Hadi Priyono menambahkan Satgas Yonif 115/ML akan berusaha meningkatkan perekonomian masyarakat Kab. Puncak Jaya.

“Kami akan berbuat maksimal agar program budidaya kopi ini dapat berhasil dengan bantuan pendampingan dari pegawai Dinas Pertanian dan Perikanan, untuk mendongkrak perekonomian di Kabupaten Puncak Jaya,” pungkasnya.

Otentifikasi : Pendam XVII/Cenderawasih

Check Also

Kehadiran TNI Disambut Bakar Batu Masyarakat Sinak Puncak

Masyarakat Papua Tengah, khususnya di Sinak Kab. Puncak menyambut gembira kehadiran Pos TNI dengan menggelar …