BABINSA KORAMIL 1707-05/MERAUKE BANTU WARGA MEMBUAT PUPUK KOMPOS

Merauke – Salah satu komponen terpenting di bidang pertanian adalah pupuk. karena pupuk memiliki fungsi yang sangat baik sebagai pemenuhan kebutuhan tanaman sehingga bisa tumbuh dan berkembang sebagaimana mestinya.

Untuk mewujudkan tanaman yang baik tersebut, Babinsa Koramil 1707-05/Merauke Kodim 1707/Merauke Serma Ahmad membantu Bapak Yulius salah satu warga Kampung Sido Mulyo, Distrik Semangga, Kabupaten Merauke membuat pupuk kompos atau pupuk buatan. Selasa (5/1/21).

Babinsa Serma Ahmad mengatakan, kegiatan pendampingan pembuatan pupuk kompos atau pupuk buatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan tanaman sehingga kedepannya hasil panen lebih maksimal.

Proses pembuatan pupuk yang kita lakukan tersebut dengan menggunakan tanah kotoran sapi yang dicampur dengan EM4 peternakan kemudian diaduk rata dengan alat cultivator (mesin penggembur tanah) kemudian ditutup dengan menggunakan terpal sampai beberapa hari. “Pembuatan pupuk seperti ini dengan bantuan bakteri EM4 dan dibuat melalui proses fermentasi”. ucap Babinsa Serma Ahmad.

“Selain untuk meningkatkan pertumbuhan tanaman, pupuk kompos atau pupuk buatan ini juga bermanfaat untuk meningkatkan kualitas tanah sehingga berbagai macam tanaman yang ditanam akan tumbuh dengan baik” jelasnya.

Check Also

TINGKATKAN NASIONALISME, SATGAS TNI AJARKAN ANAK-ANAK LAGU KEBANGSAAN

Keerom – Dalam rangka meningkatkan rasa nasionalisme anak-anak di wilayah perbatasan, Satgas Pamtas RI-PNG Yonif …