BABINSA MEMONITORING PELAKSANAAN PENYERAHAN BANTUAN LANGSUNG TUNAI DANA DESA

Jayapura – Babinsa Koramil 1701-14/Kemtuk Gresi Sertu Slamet Robiantoro melaksanakan monitoring penyerahan Dana Bantuan Langsung Tunai – Dana Desa (BLT-DD) kampung Hyansip tahap I Tahun 2021. Dana tersebut baru terealisasi 40% sebesar Rp 292.666.000,- dan disalurkan kepada 43 KK di Balai Adat Kampung Hyansip, Distrik Kentuk Gresi, Kabupaten Jayapura, Rabu (13/10/2021).

Kepala Kampung Hyansip Robert Y.J. Yansip mengatakan, dana Bantuan Langsung Tunai – Dana Desa (BLT-DD) memang agak terlambat pencairannya karena aparat kampung terlambat dalam mengurus laporan pertanggungjawabannya ke pusat. Dalam realisasi penggunaan dana tersebut oleh kepala Kampung Hyansip sudah dipakai sebesar 8% untuk kegiatan pembagian sembako masyarakat, sedangkan sisanya merupakan Bantuan Langsung Tunai – Dana Desa (BLT-DD) dan Non Bantuan Langsung Tunai – Dana Desa (BLT-DD).

Kadistrik Kemtuk Gresi Sutriman Basuki dalam sambutannya menyampaikan bahwa dana bantuan ini dibagikan kepada 43 KK yang tidak menerima bantuan dari program PKH dan BPNT. Diharapkan melalui kegiatan bantuan ini maupun bantuan lain yang sudah dibagikan, akan dapat membantu meringankan beban warga masyarakat Kampung Hyansip.

“Sisa waktu yang ada ini agar Kepala Kampung Hyansip dibantu aparat kampung dapat menyelesaikan laporan pertanggungjawaban anggarannya, hal itu agar pada realisasi berikutnya tidak terlambat. Selain itu keterlambatan pencairan dana nantinya akan mengakibatkan sisa dana tersebut akan dikembalikan ke pemerintah pusat”, jelasnya.

“Harapan kami dengan adanya bantuan ini dapat membantu kesulitan masyarakat kampung di masa pandemi Covid-19. Terimakasih karena semua telah mendukung kegiatan ini sehingga dapat berjalan dengan tertib, aman dan lancar”, ucap Babinsa. (Prod/Cen)

Check Also

MUDAHKAN AKSES ANTAR KAMPUNG, SATGAS TNI PELOPORI PERBAIKAN JEMBATAN DI PERBATASAN RI-PNG

Keerom – Berlomba-lomba dalam kebaikan, hal inilah yang dilakukan oleh Satgas Pamtas Yonif Mekanis 403/Wirasada …