Ditemukan Ladang Ganja Oleh Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 725/WRG

Merauke ~ Tim gabungan Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 725/Woroagi Kolakops Korem 174/ATW bersama Bea Cukai Merauke dan Kanwil DJBC khusus Papua menemukan ladang ganja yang ditanam di dalam hutan Distrik Sesnuk Kabupaten Boven Digoel Provinsi Papua Selatan. Rabu (14/06/2023)

Penemuan lokasi ladang ganja di hutan KM. 56 Distrik Sesnuk Kab. Boven Digoel oleh tim gabungan yang dipimpin oleh Lettu Inf Fahruddin berawal dari pengembangan informasi dari dua pelaku pembawa ganja berinisial “E” dan “WM” yang sebelumnya telah ditangkap oleh anggota Pos KM 53 Satgas Yonif 725/Woroagi pada Bulan April 2023, bahwa ganja di dapat dari hutan yang mengarah ke perbatasan RI-PNG yang di tanam di sekitar pohon yang sudah ditebang.

Serta diperkuat dari informasi warga yang didapat oleh Danpos KM 53 Satgas Pamtas RI-PNG Pada hari Selasa tanggal 13 Juni 2023 sekitar pukul 16.00 WIT, bahwa di KM 56 Jl. Loging menuju PT. Tunas telah melihat ada warga dari dalam hutan yang di curigai dari ladang ganja. Selanjutnya Danpos KM 53 melaporkan kejadian tersebut kepada Dansatgas Letkol Inf Syafruddin Mutasidasi.

Berdasarkan kedua informasi tersebut, Dansatgas Yonif 725 memerintahkan Pasi Intel Lettu Inf Fahruddin untuk melakukan pendalaman dan patroli serta berkoordinasi dengan pihak Bea Cukai Merauke serta membentuk tim gabungan untuk melakukan patroli bersama.

Dalam pelaksanaan patroli tersebut telah berhasil ditemukan ladang ganja seluas kurang lebih 200 M² dengan barang bukti berupa 116 (Seratus Enam Belas) batang Pohon Ganja, 1 (Satu) buah kelambu yang digunakan untuk pembibitan dan 2 (Dua) buah jerigen kosong. Lokasi lahan ganja tersebut berjarak kurang lebih 5 Km dari Pos 53 dan sampai saat ini belum diketahui pemiliknya dan di mungkinkan sudah pernah di panen karena di sekitar lokasi terdapat bekas pohon ganja yang sudah di panen.

Dari hasil penemuan lahan beserta barang bukti tersebut Dansatgas Yonif 725/WRG telah melaporkan Kepada Danrem 174/ATW Brigjen TNI Agus Widodo, S.I.P., M.Si., serta telah berkoordinasi dengan Kapolres Boven Digoel untuk penanganan lebih lanjut.

Otentifikasi : Pendam XVII/Cenderawasih.

Check Also

Karya Bakti Dan Bakti Sosial Rindam Dalam Rangka HUT Ke-61 Kodam XVII/Cenderawasih

Sentani – Sebagai satuan yang berkedudukan di bawah, maka Rindam XVII/Cen ikut berpartisipasi dalam rangka …