DUKUNG PERCEPATAN PEMBANGUNAN, BABINSA KORAMIL 1710-03/KK HADIRI MUSRENBANG

Timika ~ Kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) adalah forum musyawarah tahunan yang dilaksanakan secara partisipatif oleh para pemangku kepentingan untuk menyepakati rencana kegiatan tahun anggaran yang berjalan sesuai dengan tingkatannya.

Tujuan diadakannya Musrenbang yaitu untuk menampung dan menetapkan kegiatan prioritas sesuai kebutuhan masyarakat yang diperoleh dari musyawarah perencanaan yang sesuai dengan tingkatan dibawahnya serta menetapkan kegiatan yang dibiayai melalui APBD maupun sumber pendanaan lainnya.

Sebagai aparat Komando Kewilayahan (Apkowil), seorang Babinsa harus mampu menjadi motivator dalam mendukung setiap program pembangunan yang dicanangkan oleh pemerintah daerah yang dimulai dari tingkat desa atau kampung sesuai tugas pokok selain  perang guna meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Menyikapi hal tersebut, dalam Binternya kali ini Serma Tori Suwandi (Babinsa Koramil 1710-03/Kuala Kencana) turut menghadiri kegiatan musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) tingkat Kampung bertempat di Balai Kampung Limau Asri Barat, Distrik Iwaka, Kab. Mimika, Jumat (21/01/2022).

Serma Tori mengatakan bahwa kegiatan Musrenbang yang dilaksanakan dalam rangka membahas mengenai rencana pembangunan Kampung  yang akan menjadi skala perioritas yang nantinya akan diusulkan dalam Musrenbang Tingkat Distrik.

“Sebagai aparat kewilayahan seorang Babinsa harus mengetahui sasaran pembangunan di wilayah binaan masing-masing sehingga bisa koordinasi dengan aparat kampung sebagai skala perioritas¬† yang akan diusulkan dalam Musrenbang tingkat Distrik”, ungkapnya.

Ia juga mengharapkan agar Musrenbang kali ini menjadi satu wadah guna mensinergikan kegiatan guna menyepakati usulan dari masing-masing aparat Kampung sampai tingkat RT tentang pembangunan yang menjadi Skala prioritas dimasing-masing wilayahnya. (Prod/Cen)

Check Also

Yonif 751/VJS Berhasil Meraih Juara 1 Festival Lomba Takbiran Keliling di Kabupaten Jayapura

Sentani-Papua. Dalam rangka merayakan malam takbiran menjelang Idul Fitri 1445 H, Yonif 751/VJS turut serta …