Hadir Di Timika, Pangdam XVII/Cenderawasih Menerima Dan Melepas Satgas Pam Obvitnas

Timika – Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Muhammad Saleh Mustafa, selaku Pangkogasgab Papua secara langsung menghadiri upacara Penerimaan dan Pelepasan Satgas Pam Obvitnas PT.FI Yonif 405/SK dan Yonif 631/ATG, bertempat di Lapangan Upacara Kodim 1710/Mimika, Jln. Agimuga Mile 32, Distrik Kuala Kencana, Kabupaten Mimika, Papua, sebagai Inspektur Upacara Danrem 174/ATW Brigjen TNI Agus Widodo, S.IP., M.Si, Selasa (11/4/2023).

Demikian disampaikan Kapendam XVII/Cenderawasih Kolonel Kav Herman Taryaman, S.I.P., M.H. dalam keterangannya.

Pada upacara penerimaan dan pelepasan Satgas Pam Obvitnas PT.FI tersebut, Danrem 174/ATW Brigjen TNI Agus Widodo, S.IP., M.Si, menjadi Inspektur Upacara.

Pada kesempatan tersebut, Danrem 174/ATW Brigjen TNI Agus Widodo, S.IP., M.Si, menyampaikan berkenaan dengan selesainya masa penugasan Satgas Yonif 405/Surya Kusuma, selaku Dankolakops mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas segala Dharma Bakti selama penugasan di wilayah Papua.

“Berdasarkan pengamatan dan laporan yang saya terima, bahwa satuan ini cukup berhasil dalam melaksanakan tugas di daerah operasi sebagai Satgas Pam Obvitnas di wilayah Papua,” jelas Danrem 174/ATW.

“Keberhasilan dalam penugasan menjadi kebanggaan prajurit dan satuan serta menjadi pengalaman yang berharga dengan beratnya kondisi daerah di Papua, memerlukan pengorbanan dan semangat yang tinggi dalam menghadapi segala situasi dan kondisi apapun untuk keberhasilan tugas demi Negara dan Bangsa,” imbuh Brigjen TNI Agus Widodo.

Lebih lanjut Danrem mengatakan, selamat datang kepada Satgas Yonif Raider 631/Antang yang telah dipercayakan negara untuk melaksanakan tugas Pam Obvitnas PT.FI yang berada di wilayah Korem 174/ATW dalam rangka menjaga stabilitas keamanan yang ada di wilayah Papua.

“Kedatangan kalian diwilayah ini adalah untuk membantu Kodam XVII/Cenderawasih dalam melaksanakan tugas operasi yang digelar di wilayah Papua, Pam Obvitnas yang bersifat strategis merupakan salah satu tugas TNI-AD dalam melaksanakan Operasi Militer Selain Perang (OMSP), sebagaimana tercantum dalam UU RI Nomor 34 Tahun 2004,” tegas Danrem 174/ATW.

“Panggilan tugas dalam operasi merupakan sebuah kehormatan dan kebanggaan bagi setiap prajurit yang harus dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab demi menjaga keutuhan dan kedaulatan NKRI, kepada prajurit yang akan bertugas untuk tetap waspada, siap siaga serta jangan pernah ragu dalam bertugas menegakkan integritas dan menjaga kedaulatan NKRI sesuai prosedur yang berlaku,” kata Brigjen TNI Agus Widodo.

“Dalam melaksanakan tugas kalian harus menjadi para Prajurit Anim Ti Waninggap dengan arti Kami Saudara yang baik yang bertakwa, profesional, disiplin dan humanis serta memiliki loyalitas, moralitas dan integritas dalam setiap tugasnya, laksanakan tugas sesuai prosedur yang berlaku.”

“Di tempat tugas kalian terdapat beberapa Satgas, jalin komunikasi yang baik dengan tetap berkoordinasi dengan aparat/instansi pemerintah setempat dalam melaksanakan setiap kegiatan serta hormati kultur budaya dan adat istiadat masyarakat setempat serta rebut simpati, hati dan pikiran mereka guna menunjang tugas pokok kalian,” tambah Brigjen TNI Agus Widodo.

Danrem 174/ATW berpesan kepada seluruh Prajurit Yonif Raider 631/Antang, harus dapat mengendalikan diri dalam situasi apapun di medan tugas, menjaga martabat dan kehormatan satuan dengan tetap menghindari segala bentuk pelanggaran.

“Selalu jaga fisik dan kesehatan kalian serta jangan lupa terpenting utamakan faktor keamanan dan keselamatan prajurit dalam setiap kegiatan,” tegas Brigjen TNI Agus Widodo.

“Saya mengucapkan terimakasih dan selamat jalan kepada seluruh personel Yonif 405/Surya Kusuma yang akan kembali ke Homebase, jaga kesehatan dan keselamatan kalian selama diperjalanan karena keluarga kalian telah menunggu kedatangan kalian semua,” tutup Danrem 174/ATW.

Di tempat yang sama, tampak Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Muh. Saleh Mustafa memberikan ucapan selamat datang kepada Satgas yang baru tiba dan memberikan ucapan selamat jalan kepada Satgas yang selesai melaksanakan tugas kepada tiap-tiap prajurit Satgas Pam Obvitnas PT.FI Yonif 405/SK dan Yonif 631/ATG.

Lebih lanjut, di Pendopo Darmawansa Kodim 1710/Mimika, Pangdam XVII/Cenderawasih memberikan pengarahan kepada personel yang baru datang Satgas Yonif Raider 631 /Antang dan menegaskan salah satu keberhasilan di medan tugas adalah kesehatan, kekompakan, kebersamaan dan kesamaan pikiran, sehingga dari kebersamaan itu muncul suatu keberhasilan.

“Nanti kalian harus saling menjaga antara satu dengan yang lain, dan jangan punya pikiran kalian kemana-mana akan mengakibatkan lengah dan itu adalah kunci fatal bagi seorang prajurit, untuk itu laksanakan tugas dengan baik dan tetap waspada supaya pulang kamu bisa sehat, bertemu dengan keluarga dan kembalipun harus lengkap personelnya,” pungkas Pangdam XVII/Cenderawasih.

“Medan yang akan kalian tempati ini adalah tugas pengamanan objek vital PT.FI, apa yang sudah kalian pelajari di waktu pra tugas, sekarang tinggal kalian implementasikan di Medan sebenarnya.”

“Jalin hubungan yang baik dengan perusahaan di tempat tugas supaya tidak ada kendala di lapangan, kordinasi dengan pimpinan,” jelas Mayjen TNI Muh. Saleh Mustafa.

Tak hanya itu, Pangdam XVII/Cenderawasih pun mengingatkan kepada Para Prajurit untuk tidak berpikir daerah ini selalu aman.

“Tugas pengamanan di Objek Vital PT.FI ini adalah prestasi negara, tetapi ancaman yang ada di depanmu harus kalian kenali dan diantisipasi, bila perlu cari dan tangkap lawanmu itu,” tutup Pangdam XVII/Cenderawasih.

Hadir dalam kegiatan tersebut Brigjen TNI (Purn) Raharyono (Senior TA (TNI) Dept. SRM PT.FI), Kolonel Inf Irvan Yusri, S.I.P., (Kasiops Korem 174/ATW), Kolonel Inf William Lewaherila (Dansatgas Pam Obvitnas PT.FI), Letkol Inf Dedy Dwi Cahyadi (Dandim 1710/Mimika), Letkol Inf Teguh Eko Efendi, S.E., (Danyon 405/SK), Letkol Inf Suryono (Danyon R 754/ENK/20/3/Kostrad), Letkol Manurung (Satgas Elang III), Mayor Inf P. I Bangun (Wadanyon R 631/Antang), Mayor Cpl Abdul Khaya (Kabenglap Timika), Kapten Pom Achmad S (Dansubdenpom Timika), AKP Eko Sarwono (Danki 1 Satgas Amole 1 2023), Kapten Kav Davis Angga (Dankikav 1 Denkav-3 Timika), dan Lettu Lek Adib (Satrad 243/Timika).

Otentifikasi : Pendam XVII/Cenderawasih.

Check Also

Komsos Jadi Media Babinsa Koramil 1709-03/ Waropen Bawah Dekat Dengan Warganya

Waropen ~ Komunikasi sosial merupakan salah satu media Babinsa untuk mengenal warganya lebih dekat dan …