Kasdam XVII/Cenderawasih Pimpin Langsung Upacara Penutupan TMMD Ke-119 Kodim 1715/Yahukimo

Kepala Staf Kodam XVII/Cenderawasih (Kasdam) Brigjen TNI Hariyanto, secara resmi menutup kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-119 Tahun 2024 di wilayah Kodim 1715/Yahukimo, bertempat di Kampung Kali Biru Kabupaten Yahukimo, Rabu (20/3/2024).

Demikian disampaikan Kapendam XVII/Cenderawasih Letkol Inf Candra Kurniawan, S.E., M.M dalam keterangannya.

Dalam amanatnya Pangdam XVII/Cen yang dibacakan Kasdam Brigjen TNI Hariyanto mengatakan selaku Penanggungjawab Keberhasilan Operasi (PKO) TMMD, Pangdam mengucapkan terima kasih kepada seluruh prajurit Satgas TMMD, Pemerintah Daerah, tokoh agama, tokoh adat, tokoh pemuda serta seluruh lapisan masyarakat atas partisipasi dan dukungannya, sehingga TMMD ke-119 dapat terselenggara dalam keadaan aman, lancar dan sukses.

“Kegiatan TMMD merupakan wujud kepedulian TNI terhadap masyarakat, khususnya di wilayah perbatasan dan pegunungan dengan kondisi perekonomian serta sarana prasarana infrastruktur yang relatif terbatas. selain itu, TMMD juga sebagai bentuk sinergitas antara TNI dengan Pemda dalam rangka meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat,” ujar Kasdam.

Pelaksanaan TMMD ke-119 TA 2024 jajaran Kodam XVII/Cenderawasih dilaksanakan di Kodim 1715/Yahukimo Korem 172/PWY Kampung Kali Biru Kab. Yahukimo selama 30 hari, dimulai dari tanggal 20 Februari s.d 20 Maret 2024 dengan mengusung tema “Darma Bakti TMMD menuju percepatan pembangunan di wilayah”.

“Melihat pentingnya pelaksanaan TMMD dalam proses percepatan dan pemerataan pembangunan maka kegiatan TMMD dibagi dalam dua kegiatan yakni kegiatan fisik dan non fisik,” ungkap Kasdam.

Kegiatan fisik yang telah dilaksanakan di Kodim 1715/Yahukimo, meliputi pembukaan dan pembersihan jalan Seradala-Kuaserama sepanjang 2,5 Km, pembuatan 1 unit Mck dan perehaban 1 unit Gereja bekerjasama dengan BRI.

Sedangkan kegiatan non fisik, berupa penyuluhan agama, kesehatan, pencegahan HIV/AIDS, KB kesehatan, hukum dan HAM, penyalahgunaan narkoba, ketahanan pangan, perikanan, pertanian, perkebunan, pariwisata, administrasi kampung, penanggulangan bencana alam, lingkungan hidup, pelatihan dan pertandingan olahraga, pelatihan siskam swakarsa dan pemutaran film perjuangan, termasuk pemberian sembako kepada masyarakat yang berada di sasaran TMMD.

Lebih lanjut, berkenaan dengan telah selesainya kegiatan TMMD ke-119 TA 2024, diharapkan hasil pembangunan fisik yang telah dicapai untuk dipelihara dan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, sehingga masa pakai dapat bertahan lama.

“Kegiatan non fisik yang sudah dilaksanakan kiranya tidak hanya menjadi sekedar pengetahuan, tetapi benar-benar dipahami dan diaktualisasikan oleh setiap warga masyarakat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” pungkas Kasdam.

“Satgas TMMD yang akan meninggalkan lokasi, agar memperhatikan faktor keamanan selama perpindahan dari lokasi TMMD ke home base,” tutup Kasdam.

Acara penutupan TMMD ke-119 di Yahukimo diakhiri dengan pemberian penghargaan kepada seluruh tim yang telah berkontribusi dalam keberhasilan program tersebut.

Turut hadir dalam kegiatan penutupan TMMD ke-119, Danrem 172/PWY Brigjen TNI Dedi Hardono, Wakil Bupati Kab. Yahukimo Essau Miram, S.I.P., Sekda Kab. Yahukimo Redison Manurung, Kapolres Yahukimo AKBP Heru Hidayanto, Ketua DPRD Kab. Yahukimo Yosias Mirin, Kepala Inspektorat Kab. Yahukimo Musa Heselo, Kepala BAPPEDA Kab. Yahukimo Yulianus Layuk Rombe, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kab. Yahukimo Kristian, Kepala Dinas Kab. Yahukimo Riswanjaya Tandibiring, Kepala RSUD Dekai dr. Glen M. Nurtanio, Sp. Pk., Kepala Dinas Sosial Kab. Yahukimo, Dansatgas Marinir Letkol Mar Alex Zulkarnain, Dansatgas Pasgat Lettu Pas Naftali, Kepala Satpol PP Kab. Yahukimo Neri Pahabol, Kepala cabang BRI Dekai Indra Ardiansyah, Pendeta Gereja Calon Jemaat Patmos Yohanes Kobak, Tokoh Masyarakat Kampung Kokamu dan Kuaserama Yoseph Kabak dan Andrias Bahabol.

Check Also

Dedikasi Prajurit Rusa Hitam 721 Bangun Rumah Makkasau Untuk Masyarakat Papua

Sebagai bentuk dedikasi kepada masyarakat Papua, Prajurit Rusa Hitam Satgas Yonif 721/Mks bangun rumah Makkasau …