Masyarakat Assotipo Kesulitan Air Bersih, Kodim 1702/JWY Hadir Beri Solusi

Wamena – Perwira Seksi Teritorial (Pasiter) Kodim 1702/JWY Kapten Inf Nur Abdillah bersama masyarakat melaksanakan pencarian sumber mata Air di Kampung Air Garam, Distrik Assotipo, Kab. Jayawijaya, Kamis (12/01/2023).

Pencarian mata air bersih tersebut merupakan perintah dari Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Muhammad Saleh Mustafa melalui hasil Vidcon dan Dandim 1702/Jwy Letkol Cpn Athenius Murip, S.H., M.H yang bertujuan agar masyarakat di Distrik Assotipo dan sekitarnya dapat menikmati air bersih dari sumber mata air secara menyeluruh.

Dalam kesempatan tersebut Kapten Inf Nur Abdillah selaku Pasiter menyampaikan bahwa apa yang dilakukan adalah bentuk kepedulian kodim 1702/JWY dalam mengatasi kesulitan masyarakat di sekelilingnya

“Hari ini saya didampingi 2 anggota saya melaksanakan pengecekan selama 2 hari terhadap mata air pegunungan di Kampung Air garam dan pengukuran pipa serta rencana pembuatan bak-bak penampungan air bersih yang nantinya akan di salurkan ke berbagai kampung,” ujarnya.

“Selanjutnya nanti dari pipa induk, masyarkat tinggal buat tempat untuk pengambilan air sehingga masyarakat tidak repot-repot lagi ke sungai atau mata air terdekat demi mendapatkan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari,” tambahnya.

Dari hasil peninjauan yang dilakukan, kata Pasiter, pihaknya bersama masyarakat telah mendapatkan sumber mata air yang sangat jernih dan terus mengalir meski musim kemarau atau curah hujan berkurang, debit mata air tetap deras.

“Sehingga dapat terus mengalir untuk kebutuhan warga sekitarnya tanpa adanya kendala cuaca dan lebih hebatnya lagi dengan adanya hujan deras mata air tetap jernih tidak keruh,” jelasnya.

Salah satu tokoh pemuda Kampung Hitigima Danni Asso menyampaikan terimakasih kepada Kodim 1702/JWY yang telah membantu masyarakat di Distrik Assotipo dalam mengatasi kesulitan air bersih yang sudah lama di damba-dambakan oleh masyarakat.

“Saya sangat senang bisa bekerja dengan Bapak TNI disini, saya dan seluruh masyarakat Assotipo sangat mendukung rencana pembuatan pipa saluran air bersih dan masyarakat yang lain merasa sangat terbantu dengan adanya kepedulian dari bapak-bapak sekalian,” ucapnya.

Sementara itu Dandim 1702/JWY saat dihubungi menuturkan bahwa pengecekan tersebut merupakan suatu bentuk kepedulian TNI terhadap masyarakat sekitar yang merupakan warga binaan Kodim 1702/JWY.

“Untuk setiap Koramil yang berada di Kab. Jayawijaya agar memperhatikan keadaan masyarakat binaannya, kepedulian yang tinggi akan sangat membantu dalam menunjang tugas pokok sebagai prajurit teritorial yang dicintai rakyat,” ucap Dandim.

Otentifikasi : Pendam XVII/Cenderawasih.

Check Also

Jaga Kesehatan Tubuh, Dandim Merauke Pimpin Olahraga Bersama

Merauke ~ Guna menjaga dan meningkatkan kesehatan serta kebugaran tubuh, Dandim 1707/Merauke Letkol Inf Bayu …